Home Hortikultura Tanaman Cocor Bebek, Indah Dipandang dan Berkhasiat Obat  

Tanaman Cocor Bebek, Indah Dipandang dan Berkhasiat Obat  

succulentcity.com

Agrozine – Seiring merebaknya tren memelihara tanaman hias beberapa tahun terakhir ini, salah satu tanaman yang popularitasnya ikut naik adalah cocor bebek. Tanaman ini cocok untuk ditanam di dalam pot hias sebagai pemanis ruangan. Tak hanya indah dipandang, cocor bebek juga bermanfaat untuk Kesehatan.

Tanaman cocor bebek memiliki nama ilmiah Kalanchoe pinnata. Tumbuhan, cocor bebek tumbuh di daerah beriklim tropis, misalnya Asia, Australia, India Barat, Galapagos, Hawaii, Melanesia, dan Polinesia, termasuk Indonesia. Tanaman hias ini mudah tumbuh di parit, kebun, bahkan tumbuh subur di tanah berbatu.

Cocor bebek memiliki batang yang lunak dan beruas. Daunnya tebal berdaging dan mengandung banyak air. Warna daun hijau muda (kadang-kadang abu-abu). Cocor bebek memiliki bunga majemuk berwarna merah muda. Buahnya berbentuk persegi dan terasa agak asam.

Ada 3 jenis cocor bebek yang sering ditemui, yaitu:
Cocor Bebek Mini (Panda Plant)
Cocor bebek mini memiliki ilmiah Kalanchoe tomentosa. Cocor bebek mini memiliki karakteristik daun yang lonjong dan tebal serta dengan terdapat bulu halus putih yang menutupi seluruh permukaan daun. Pada ujung daun terdapat warna kecokelatan. Cocor bebek ini tumbuh mini dengan maksimal setinggi 30 cm.
Cocor Bebek Besar
Cocor bebek besar memiliki nama ilmiah Kalanchoe daigremontiana. Cocor bebek besar memiliki ciri-ciri berdaun panjang dengan permukaan daun bagian atas halus dan mengkilat. Sementara di bagian bawahnya terdapat garis berwarna cokelat. Pada bagian tepi banyak terdapat tunas kecil .
Cocor Bebek Berbunga
Cocor bebek berbunga memiliki nama ilmiah Kalanchoe blossfeldiana dan juga Kalanchoe calandiva. Cocor bebek berbunga memiliki karakteristik permukaan daun cekung, tebal, lebar, dan berwarna hijau mengkilap. Bunga cocor bebek ini tumbuh dengan aneka warna seperti merah, kuning, oranye, dan merah muda.

Daun cocor bebek memiliki kandungan senyawa kimia seperti alkaloid, flavonoid, steroid, lipid, komponen alifatik. Tanaman cocor bebek ternyata mengandung vitamin C, asam lemon, asam apel, glucoside, tannin, dan bryophyllin A (senyawa yang bersifat antitumor). Beragam kandungan tersebut membuat cocor bebek memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, juga ada bebeberapa senyawa lain yang merupakan senyawa yang dapat digunakan untuk bahan pembuatan obat.

Beberapa manfaat tanaman cocor bebek diantaranya:

  • Pereda alergi
  • Membantu mengatasi peradangan dan infeksi karena memiliki efek antimikrobial
  • Memiliki khasiat antioksidan
  • Memiliki khasiat antidiabetes
  • Memiliki khasiat anti-neoplastic atau mencegah kanker
  • Membantu pengobatan mengatasi batu ginjal,
  • Membantu mengobati luka lambung
  • Membantu mengatasi peradangan sendi
  • Meredakan sakit kepala
  • Menyembuhkan luka
  • Meredakan demam
  • Mengatasi gigitan nyamuk
  • Menghilangkan jerawat

Tumbuhan cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun. Tumbuhan ini tunasnya tumbuh pada bagian tepi daun. Cara berkembang biak cocor bebek disebut tunas adventif, yakni perkembangbiakan tumbuhan dengan menumbuhkan tunas liar di luar bagian batang.

Cara terbaik untuk menanam cocor bebek adalah menyetek batang dari tanaman yang sudah dewasa, lalu menanam potongan tersebut agar tumbuh menjadi tanaman cocor bebek baru.

Demikian informasi tentang tanaman cocor bebek. Semoga bermanfaat dan bisa memotivasi kamu untuk ikut serta melestarikannya. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here