Home Tanaman Hias Tanaman Hias Penghasil Oksigen yang Bisa Kamu Pelihara agar Rumah Makin Segar

Tanaman Hias Penghasil Oksigen yang Bisa Kamu Pelihara agar Rumah Makin Segar

Tanaman Hias yang bertahan di ruangan ber-AC
spider plant di ruangan dingin

Agrozine.id – Tanaman hias penghasil oksigen. Memang tanaman memerlukan oksigen dalam hidupnya dan mereka juga mengeluarkan gas karbondioksida. Namun, ada juga tanaman hias sebagai penghasil oksigen terutama di malam hari. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk kekurangan oksigen apalagi ketika tidur.

Selain mengeluarkan oksigen di malam hari, tanaman ini juga menyerap karbondioksida yang kamu keluarkan di malam hari, loh. Hal yang perlu kamu ketahui juga, tanaman juga mengeluarkan oksigen dalam kadar yang lebih daripada yang dia butuhkan untuk tumbuh.

Agar semakin tidak penasaran, berikut ini tanaman hias penghasil oksigen yang bisa kamu letakan di rumah. Tentunya, tanpa takut saling berebut oksigen, ya.

Sansevieria atau lidah mertua

Tanaman yang sangat terkenal karena kemampuannya beradaptasi ini ternyata mengeluarkan oksigen loh di malam hari. Selain menghasilkan oksigen, tanaman ini juga menyerap partikel beracun di udara seperti kandungan formalin atau H2CO.

Kamu bisa memilih jenis tanaman anakan atau dewasa yang bisa menghiasi sudut ruangan atau atas meja. Karena ditempatkan didalam rumah, tanaman tahan banting bisa kamu andalkan karena tidak perlu terlalu sering disiram atau haus sinar matahari.

Lidah buaya

Tanaman hias penghasil oksigen berikut ini sering disebut sukulen ini ternyata selain menghasilkan oksigen, juga menyerap partikel beracun di udara. Tanaman yang sering dijadikan minuman ini, ternyata mempunyai bentuk yang tak kalah indah dari sukulen lain yang biasa dipadukan dengan pot terakota.

Spider plants

Tanaman dengan bentuk yang memanjang dan ujung meruncing seperti semak dan kumpulan rumput liar ini mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Selain menghasilkan oksigen, tanaman ini pun mampu menyaring partikel racun seperti benzena, formaldehida, dan karbon monoksida. Dengan adanya tanaman ini di dalam rumah, kamu bisa bernafas lebih mudah terutama di malam hari.

Tulsi atau kemangi suci

Kemangi hias jenis ini bisa kamu jadikan salah satu koleksi tanaman hias penghyasil oksigen di dalam rumah guna menyegarkan udara. Melalui aroma yang khas, kamu bisa lebih rileks saat tidur.

Selain itu, tulsi juga mempunyai banyak manfaat ketika kamu mengkonsumsinya, seperti meredakan demam, kembung, atau meningkatkan daya ingat.

Palem kuning

Terakhir, palem kuning tanaman yang cocok diletakkan di sudut ruangan ini ternyata mempunyai manfaat yang lebih dari sekedar hiasan saja. Tanaman tropika ini mampu menyerap berbagai partikel racun di udara, sangat cocok untuk jenis rumah yang memiliki sirkulasi udara yang buruk.

Selain itu, tanaman yang selalu menjaga kelembapan udara di sekitar ini ternyata sangat bagus dipelihara oleh penderita sinusitis. Tentunya, pernafasan kamu akan lebih baik dan membuat tidur kamu lebih rileks.

Dari semua jenis tanaman ini, adakah yang jadi incaran? Apapun itu, pastikan tanaman hias penghasil oksigen yang kamu pilih disesuaikan dengan ukuran tanaman dan luas lahan yang tersedia. (Dan)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here