Home Tanaman Hias Jenis Tanaman Pisang-pisangan yang Bagus untuk Rumah Tema Tropical

Jenis Tanaman Pisang-pisangan yang Bagus untuk Rumah Tema Tropical

Tanaman hias pisang-pisangan

Agrozine.id – Tanaman hias pisang-pisangan memang sangat fleksibel untuk dekorasi rumah.

Kamu bisa menjadikan tanaman ini sebagai pagar hidup yang memisahkan area di rumah kamu atau memisahkan dari rumah tetangga. Selain sebagai pagar hidup, tanaman yang kental dengan nuansa tropikal ini juga cocok banget untuk di tempatkan di dalam rumah, loh.

 

Meski bernama tanaman hias pisang-pisangan, bukan berarti, tanaman ini masuk ke keluarga musaceae. Hanya saja, ciri daun tanaman ini menyerupai pohon pisang yang masyarakat kenal secara umum.

 

Calathea lutea

Tanaman hias pisang-pisangan

Tanaman hias pisang-pisangan yang pertama adalah jenis calathea lutea. Tanaman yang tersebar di daerah Amerika Selatan seperti Brazil, Mesiko, dan Peru ini mempunyai nama lain Cuban Cigar atau Pampano.

 

Calathea lutea mempunyai daun menyerupai pohon pisang. Hanya saja, daun calathea lutea ini lebih oval dan lebih lebar. Selain itu, tanaman dengan tangkai yang panjang ini mempunyai guratan pada dasar daun. Tanaman ini juga semakin gagah dengan semburat perak pada bagian bawah.

 

Seperti tanaman calathea lainnya, daun calathea lutea akan menggulung pada malam hari dan membuka lebar pada pagi hari. Untuk kamu yang mempunyai rumah yang tinggi dan luas, calathea lutea bisa kamu letakkan di dalam rumah karena tanaman ini mampu mencapai tinggi tiga meter.

 

Blood banana

Tanaman asli Indonesia mempunyai nama asli musa zebrina. Sesuai dengan namanya, kamu akan melihat corak darah merah maron yang acak pada daunnya. Selain itu, batang tanaman ini juga merah loh.

Tanaman hias pisang-pisangan

Tanaman yang bisa mencapai tinggi 2 meter ini, kamu bisa menanamnya di taman atau di dalam rumah. Hanya saja, pastikan daun tanaman ini terkena sinar matahari agar tetap semakin merah meski di dalam rumah.

 

Heliconia rostrata

Tanaman selanjutnya yaitu heliconia rostrata yang berasal dari kawasan tropis di Amerika, seperti Hawaii, Florida, dan Kosta Rika. Berbeda dari tanaman sebelumnya, kamu yang suka tanaman yang tinggi dan besar wajib mengoleksinya. 

Tanaman hias pisang-pisangan

Nyatanya, tanaman ini mampu tumbuh tinggi hingga 4,6 meter di tempat asalnya. Daun tanaman ini secara visual lebih panjang dan ramping. Yang unik, tanaman ini memiliki bunga yang menyerupai capit dari lobster dengan warna merah berujung kuning.

 

Tanaman ini mampu tumbuh sehat di area yang teduh dan air yang sedikit. Bila kamu terlalu banyak menyiraminya, tanaman ini akan mengalami busuk akar dan mudah kena penyakit lain. Bila terlalu sedikit air, kamu akan melihat tepian daun yang kecoklatan.

 

Heliconia Psittacorum

Masih membahas jenis Heliconia, kamu bisa memiliki tanaman hias yang menyerupai pisang dari jenis Heliconia Psittacorum. Tanaman asli Amerika Selatan dan Karibia ini sangat bagus untuk menyerap gas beracun di udara.

Oleh karena itu, jangan heran bila kamu sering melihat jenis tanaman ini di lingkungan perkantoran. Selain itu, tanaman yang suka dengan sinar matahari yang melimpah ini membuat heliconia psittacorum akan tumbuh subur meski diletakan tembok pagar pembatas antara gedung dan jalan raya.

 

Selain mempunyai keunikan daun seperti yang dimiliki pohon pisang, tanaman yang satu ini mempunyai bunga yang cukup menarik. Bunga berwarna jingga ini seperti paruh unggas yang sedang membuka lebar. (Dan)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here