Home Pertanian Tanaman Porang Berpotensi Ekspor Kini Dibudidayakan Petani di Sulawesi Selatan

Tanaman Porang Berpotensi Ekspor Kini Dibudidayakan Petani di Sulawesi Selatan

Agrozine.id – Kali ini agrozine akan membahas tentang tanaman porang yang berpotensi ekspor dan kini dibudidayakan petani di Sulawesi Selatan. Tanaman porang menjadi tren setelah dan mulai dikembangkan secara luas setelah terbukti memiliki tren ekspor yang tinggi. Padahal dulu tanaman ini sering diabaikan. Komunitas petani di Sulawesi Selatan mulai gencar membudidayakan porang. Tanaman porang berpotensi ekspor ini kini tengah menjadi fokus budidaya pertanian di Sulawesi Selatan.

Porang adalah tanaman umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat, lemakak, protein, mineral,vitamin dan serat pangan. Namun masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan tanaman ini sehingga sejak dulu sering diabaikan. Porang bisa digunakan sebagai makanan low karbohidrat sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tanaman porang kini diminati oleh Cina dan Jepang, sehingga membuat permintaan ekspor akan tanaman umbi ini semakin meningkat. Diketahui kualitas lahan di Sulawesi Selatan cocok untuk budidaya porang sehingga pemerintah kini ikut mendukung petani porang di Sulawesi Selatan. Porang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Saat ini harganya sekitar Rp.9.000 per kilogram.

Diketahui baru-baru ini Menteri Pertanian baru saja melepas ekspor porang sebanyak 60 ton atau setara dengan 1.2 miliar ke Cina. Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sulawesi Selatan menjelaskan bahwa akan mendukung budidaya porang dan dijadikan komoditi ekspor. Selain itu tanaman porang juga berpotensi dijadikan sebagai sumber ketahanan pangan keluarga.

Selain berpotensi sebagai komoditi ekspor,tanaman porang juga memiliki cara budidaya yang cukup mudah dan tidak serumit tanaman lain walaupun masa panennya agak lama membutuhkan waktu 1-2 tahun. Namun dikabarkan khusus di Makassar saja kini sudah ada 4-5 pabrik yang bersedia membeli porang sehingga untuk masalah pasar tidak perlu lagi dikhawatirkan.

Potensi ekpsor tanaman porang kini terbuka lebar dan memiliki ceruk pasar yang besar. Porang merupakan tanaman yang mempunyai potensi besar dan menjanjikan untuk dikembangkan di pasar internasional. Namun masyarakat Sulawesi juga berharap agar pemerintah bisa membuat produk yang bisa dikonsumsi sendiri bukan hanya untuk keperluan ekspor saja.

Tanaman porang berpotensi ekspor yang kini tengah dibudidayakan petani di Sulawesi Selatan diharapkan mampu menjadi komoditi pertanian yang menjadi sumber ekonomi baru bagi petani. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here