Home Peternakan Tedong Saleko, Kerbau Langka Nan Unik dari Tana Toraja

Tedong Saleko, Kerbau Langka Nan Unik dari Tana Toraja

Kerbau Tedong Saleko (Foto: idbackpacker.com)

Agrozine – Kerbau Tedong Saleko adalah kerbau langka yang berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Mereka dikenal dengan keindahan motif belang hitam putih pada tubuhnya dan harganya yang fantastis, bahkan bisa mencapai miliaran rupiah.

Umumnya, masyarakat Toraja menyebut kerbau belang mereka dengan nama “tedong bonga”. Tedong Bonga merupakan kerbau belang Toraja secara umum, dengan motif belang hitam putih dalam jumlah dan ukuran yang bervariasi. Harganya bervariasi tergantung motif dan jenis kelamin, mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 175 juta.

Ciri Khas Kerbau Tedong Saleko

  • Kulit berwarna putih bersih dengan totol hitam tersebar di seluruh tubuh.
  • Seringkali dibandingkan dengan sapi perah Holstein Friesian karena kemiripan warnanya.
  • Tanduknya berbentuk sabit dan berwarna putih gading pada saat dewasa.
  • Bola mata berwarna putih.
  • Umumnya tidak terlalu tinggi.

Keunikan dan Keistimewaan

  • Tedong Saleko dianggap sebagai kasta tertinggi di dunia kerbau Toraja.Tedong Saleko merupakan jenis khusus dari tedong bonga dengan motif belang yang sempurna atau simetris.
  • Kerbau ini kerap dipelihara dan dijadikan persembahan dalam upacara adat Rambu Solo, upacara pemakaman masyarakat Toraja yang terkenal.Semakin banyak kerbau yang disiapkan, semakin menunjukkan status sosial dari keluarga yang ditinggalkan. Itulah sebabnya, dalam setiap upacara rambu solo, jumlah kerbau yang disiapkan untuk disembelih biasanya bukan hanya seekor, melainkan mencapai belasan, puluhan, bahkan hingga ratusan ekor. Kerbau di dalam kepercayaan Aluk Tolodo, agama leluhur suku Toraja,  dipercaya sebagai wahana si arwah untuk mencapai nirwana.
  • Harganya bisa mencapai miliaran rupiah per ekor, menjadikannya sebagai hewan ternak dengan harga termahal di Indonesia. Faktor kelangkaan, keindahan motif belang, dan perannya dalam upacara adat turut mempengaruhi harga jualnya.

Pelestarian Kerbau Tedong Saleko

Beberapa program pemuliaan dan penangkaran dilakukan untuk melestarikan keberadaan kerbau langka ini. Populasi yang terbatas dan tingginya permintaan menjadi tantangan dalam upaya pelestarian.

Kerbau Tedong Saleko adalah kekayaan budaya dan fauna langka kebanggaan Indonesia. Keunikan motif belang, perannya dalam tradisi, dan harganya yang fantastis menjadikan mereka hewan ternak yang sangat istimewa. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

https://www.youtube.com/watch?v=IF0v-D71J18

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here