Home Pertanian Terraclear Ciptakan Inovasi Sistem Otomatisasi Pemindahan Batuan di Lahan Pertanian

Terraclear Ciptakan Inovasi Sistem Otomatisasi Pemindahan Batuan di Lahan Pertanian

sistem otomatisasi pemindahan batuan

Agrozine.id – Dalam beberapa tahun terakhir ini, pemanfaatan teknologi canggih dalam pertanian semakin penting. Dengan adanya teknologi canggih, proses bertani dapat dioptimalkan dengan berbagai cara. Seperti halnya yang dilakukan TerraClear saat ini yang berfokus kembangkan sistem otomatisasi pemindahan batuan di lahan pertanian.

Dengan menggunakan sistem yang dikendalikan oleh komputer untuk memetakan medan dan mengidentifikasi ukuran dan lokasi batuan yang tertanam di tanah. Serta, pengangkatan bebatuan dilakukan dengan mesin otomatis yang pastinya dapat menghemat banyak waktu dan uang.

Petani sering kali mengalami kesulitan dalam pemindahan batu yang ada di lahan. Selain memakan waktu, hal tersebut juga melelahkan secara fisik dan membuat frustasi para petani. Selain itu, otomatisasi menjadi faktor penting seiring dengan semakin bertambahnya ukuran pertanian dan meningkatnya tekanan pasar tenaga kerja.

Maka dari itu, TerraClear hadir dengan membawa solusi pagi petani yang berurusan dengan bebatuan. TerraClear saat ini tengah mengembangkan  sistem otomatisasi pemindahan batuan yang melibatkan pemetaan udara dan pengambilan otomatis di lapangan.

Baca juga: SIMPAS: Sistem Aplikasi Resep Multiproduk Pertanian

Cara kerja sistem tersebut yaitu, drone akan melakukan survei menggunakan sensor canggih, GPS, dan jaringan saraf tiruan terlatih menggunakan visi komputer untuk memetakan lokasi dan ukuran batuan secara akurat. Lalu ada implement yang dikontrol secara hidrolik yang dipasang pada traktor atau skid steer.

Kemudian, akan ada orang yang mengemudikan traktor tersebut pada rute yang dioptimalkan yang disediakan oleh peta, dan visi komputer pada implement secara otomatis mengidentifikasi batu dan menariknya ke dalam bucket traktor.

Sistem ini menggunakan beberapa kamera Triton 2,3 MP GigE PoE dari LUCID yang menangkap gambar resolusi tinggi yang digunakan di tiga area utama: jaringan saraf tiruan terlatih yang akurat, identifikasi batuan dari citra udara, dan identifikasi batuan secara real-time dengan robot pemungut batu.

Kamera dipasang di robot pemungut batu untuk mengidentifikasi bebatuan di depan traktor saat bergerak melalui medan.

Kamera Triton tersebut sangat ideal untuk pengoperasian di luar ruangan. Selain itu, ketahanan guncangan dan getaran Triton memungkinkan pengoperasian yang kokoh saat dipasang di mesin pertanian.

Lalu, penyelarasan sensor aktif LUCID memastikan identifikasi dan pelacakan objek yang tepat. Selain spesifikasi kamera utama ini, pengalaman TerraClear dengan SDK Arena LUCID dan dukungan teknis sangat positif pada tahap awal pembuatan prototipe.

Solusi yang ditawarkan TerraClear melalui sistem otomatisasi pemindahan batuan ini dapat menguntungkan petani dengan menyediakan kemampuan untuk membersihkan lahan pertanian dari batuan secara efisien, hemat waktu, hemat biaya, dan mengurangi kerusakan pada peralatan pertanian. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here