Home Kampus Tim Aquatic Research Group UGM Beri Penyuluhan Budidaya Ikan Wader Pari

Tim Aquatic Research Group UGM Beri Penyuluhan Budidaya Ikan Wader Pari

Tim Aquatic Research Group UGM

Agrozine.id – Aquatic Research Group UGM (Univesitas gajah Mada) Fakultas Biologi terus berupaya memperluas pengembangan budidaya ikan wader pari. Program yang diinisiasi oleh Bapak Dr. Bambang Retnoaji M.Sc ini terus dikembangkan dengan menggandeng mitra kelompok tani yaitu Gapoktan Santan Mina Lestari.

Program yang dikembangkan dengan Gapoktan Santan Mina Lestari ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini mulai dilakukan pengolahan produk pasca panen guna meningkatkan nilai jual dari ikan wader pari hasil budidaya.

Namun, yang menjadi kendala pengembangan budidaya ikan wader pari ini adalah minimnya kesadaran masyarakat terkait informasi dan teknik yang baik dan benar. Oleh sebab itu, perlu adanya edukasi dan penyuluhan yang gencar untuk kelompok-kelompok masyarakat yang memiliki minat untuk melakukan budidaya ikan ini.

Baca juga: Pelatihan Budidaya Ikan Wader Pari, Mudah kok!

Adapun langkah yang diambil oleh tim pengembang yaitu dengan meningkatkan kapasitas edukasi dan penyuluhan budidaya yaitu dengan cara menjalin kerja sama dengan PT PLN Persero Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah melalui Program CSR (Corporate Sosial Responsibilty).

Program pemberdayaan dan edukasi masyarakat tentang budidaya ikan wader pari ini sejalan dengan komitmen PLN untuk menggunakan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Selama bulan November 2020 ini tim Aquatic Research Group UGM telah melaksanakan program edukasi dan penyuluhan di beberapa daerah seperti Yogyakarta, diantaranya di Kelurahan Potorono Banguntapan Bantul, di daerah Temuwuh Balecatur, di desa Sumbersari, Moyudan, Sleman, dan terakhir di desa Dukuh sari, Wonokerto, Turi, Sleman.

Diharapkan dengan adanya program edukasi ini adalah adanya peningkatan pengetahuan tentang budidaya wader pari di Kelompok Masyarakat DIY, sehingga memunculkan stimulus untuk ikut terlibat dalam budidaya ikan wader pari, dimulai dari skala kecil hingga skala massal.

Selain itu, harapannya program budidaya ikan wader pari ini dapat mampu menjawab permasalahan terkait peningkatan ekonomi masyarakat melalui alternatif budidaya ikan. Selain itu, edukasi ini juga menjadi penting karena terkait dengan konservasi ikan lokal perairan tawar Indonesia. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here