Home Kampus Tim Bina Desa HM Pelita Fakultas Pertanian UNS Resmikan Produk Jamur Krispi...

Tim Bina Desa HM Pelita Fakultas Pertanian UNS Resmikan Produk Jamur Krispi “Japigo”

Fakultas Pertanian UNS

Agrozine.id – Tim Bina Desa Himpunan Mahasiswa (HM) Pelita Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Fakultas Pertanian UNS Surakarta memperoleh pendanaan hibah pemberdayaan masyarakat dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diselenggarakan oleh Ditjen Belmawa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dilaksanakan selama 3 bulan di desa binaan yang ada di Desa Gondangmanis, Karanganyar.

Tim Bina Desa HM Pelita mendampingi Kelompok Usaha Pengolahan Jamur (KUPJ) Gondangmanis dalam memproduksi jamur krispi dengan merek “Japigo”.

Baca Juga: Tips Budidaya Jamur

Dilansir dari laman berita UNS (07/12), produk Japigo dan desa binaan HM Pelita telah diresmikan pada Kamis (26/11/2020) lalu. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Martadi, S.Sos., MM. (Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi, dan UKM Kabupaten Karanganyar), Drs. Titis Sri Jawoto (Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Karanganyar), Prof. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS), Dr. Agung Wibowo, S.P., M.Si. (Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Alumni FP UNS), Tim Dosen Prodi PKP, Forum Pimpinan Kecamatan Karangpandan, Tim Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Karangpandan, dan Perangkat Desa Gondangmanis.

Pada peresmian ini, Tim Bina Desa HM Pelita juga memberikan container box untuk kios penjualan produk UMKM. Kegiatan yang dilakukan dalam peresmian tersebut yaitu sambutan dari tamu undangan, pemotongan tumpeng, dan pemotongan pita pada container box Japigo.

Humas Tim PHP2D, Hasan Nugroho mengatakan, bahwa produk jamur krispi Japigo nantinya akan dijual secara offline di beberapa tempat.

“Rencana penjualan kedepan akan di jual secara offline di sentra UMKM Desa, pusat oleh-oleh di Kabupaten Karanganyar, dan bermitra dengan dinas UKM Karanganyar untuk bisa masuk ke dalam Indomaret,” ujar Hasan.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan pendampingan dalam proses produksi dari produk PHP2D oleh Tim Bina Desa HM Pelita Fakultas Pertanian UNS ini dapat bermanfaat bagi masyarakat guna meningkatkan perekonomian Desa Gondangmanis.

“Semoga dengan adanya launching ini, produk PHP2D HM Pelita bisa semakin bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian desa dan Desa Gondangmanis bisa menjadi mitra,” pungkas Hasan. (ran)

 

Dilansir dari laman berita Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Senin (07/12/2020).

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here