Home Kampus Tim Mahasiswa FTP UGM Berhasil Borong Penghargaan di Acara AE-ARC

Tim Mahasiswa FTP UGM Berhasil Borong Penghargaan di Acara AE-ARC

Acara AE_ARC

Agrozine.idAgricultural Engineering Annual Regional Convention (AE-ARC) 2020 adalah acara pertemuan tahunan mahasiswa Teknik Pertanian se-ASEAN yang menjadi ajang untuk saling berbagi sekaligus berkompetisi tentang berbagai hal terkait keilmuan teknik pertanian yang diikuti oleh peserta dari pelbagai Universitas di indonesia, Malaysia, Thailand, Philipine. Dalam acara AE-ARC 2020, tim mahasiswa dari Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian UGM berhasil memborong penghargaan.

Acara AE-ARC tahun ini  merupakan hasil kolaborasi antara Malaysian Society of Agriculture and Food Engineers (MSAE) dan Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya ( FTP-UB) Malang yang diselenggarakan secara daring.

Adapun peserta yang turut berkompetisi dalam acara ini antara lain: Universiti Putra Malaysia, Polytechnic Kota Bharu Malaysia, Maejo University – Thailand, Chiang Mai Rajabhat University – Thailand, Suranaree University of Technology – Thailand, Tribhuwan University – Nepal, Universitas Brawijaya – Indonesia, Universitas Gadjah Mada – Indonesia, Sepuluh Nopember Institute of Technology Surabaya– Indonesia, Udayana University– Indonesia, University of Papua– Indonesia, Syiah Kuala Banda Aceh University– Indonesia, dan WisnuWardhana Malang University– Indonesia.

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM mengirimkan 24 tim yang ikut serta dalam acara AE-ARC dengan kategori paper competition 23 judul, poster 19 judul, dan video sejumlah 7 judul. Adapun distribusi tema dan kebidangan adalah Food, Biotechnology, Agricultural Engineering, Green Energy, Smart Packaging.

Proses penjurian AE-ARC  dilakukan dari 30 Juli  hingga 10 Agustus 2020. Tim dewan juri berasal dari Dosen dan perwakilan kontingen yang mengirimkan tim untuk berlomba. Kategori pemenang untuk paper dan video adalah Gold, Silver, dan Bronze, yang dipilih berdasarkan poin yang diterima.

Tim dari Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM berhasil memborong penghargaan di beberapa kategori, diantaranya yaitu 15 emas untuk masing-masing kategori Paper (6), Video (2), dan Poster (7). Kemudian, perolehan medali perak/silver adalah 27 dengan distribusi kategori Poster (13), Video (5), dan Poster (9). Sedangkan untuk Perunggu/Bronze mendapatkan 6 dengan distribusi kategori Paper (4), dan Poster (2)

Bersamaan dengan pelaksanaan final pengumuman acara AE-ARC 2020, 13 paper terbaik diberikan kesempatan untuk mempresentasikan papernya di International Conference on Green-agroindustry and Bio-economy (ICGAB 2020). Tujuh diantaranya yaitu paper hasil dari tim dari Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM.

Departemen Teknik Pertanian secara aktif terus mendorong mahasiswa untuk berinovasi dan berpikir kritis sehingga menumbuhkan ide inovatif untuk penyelesaian masalah dalam bidang Teknik Pertanian, mulai dari sumberdaya lahan air, mesin pertanian, smart agriculture, teknik pangan pascapanen, dan energi. (ran)

 

Dilansir dari tpb.tp.ugm.ac.id, pada Jumat (29/08/2020) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here