Home Peternakan Tingkatkan Kompetensi Bidang Peternakan, Unpad Jalin Kerjasama dengan Tujuh Mitra Industri

Tingkatkan Kompetensi Bidang Peternakan, Unpad Jalin Kerjasama dengan Tujuh Mitra Industri

kompetensi bidang peternakan

Agrozine.id – Tujuh mitra lembaga dan industri di bidang peternakan menjalin kerjasama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad). Tujuan Unpad melakukan kerjasama untuk meningkatkan kompetensi bidang peternakan, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Peternakan.

Adapun tujuh mitra industri tersebut yaitu PT. Citra Agro Buana Semesta, PT. Agro Investama, PT. Berkah Citra Agro, Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Barat, PT. Mitra Berlian Unggas, Koperasi Peternak Milenial Jawa Barat, serta PT. Berdikari (Persero).

Baca juga: Perkuat Sektor Perikanan Nasional, UNPAD Kerjasama dengan Sejumlah Lembaga

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara tujuh mitra dengan Unpad beberapa waktu lalu di kafe It’s Nice to Meat You, Jalan Ciliwung No. 9, Bandung.

Wakil Rektor Bidang Riset Dan Inovasi Prof. Dr. Hendarmawan, Wakil Rektor Bidang Organisasi Dan Perencanaan Prof. Yanyan Mochamad Yani, Phd, dan sejumlah pimpinan fakultas lainnya menghadiri acara penandatanganan Nota Kesepahaman.

Mitra industri dan Fapet Unpad bersepakat untuk menyediakan beberapa fasilitas yang berstandar di bidang peternakan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, jelas Dr. Rahmat Hidayat, M.Si, selaku Dekan Fakultas Peternakan

“Sarana yang dibangun bekerja sama dengan industri yang berstandar internasional dan dilengkapi teknologi canggih, sehingga mahasiswa bisa beraktivitas di situ, bekerja, dan riset di situ,” kata Rahmat.

Adanya fasilitas tersebut membuat mahasiswa menjadi terdorong untuk mengenal lebih jauh teknologi peternakan sejak masih dibangku kuliah, hal tersebut sangat bermanfaat ketika mahasiswa sudah terjun kedunia kerja akan menjadi lebih siap menggunakan alat tersebut ketika bekerja di perusahaan peternakan. Sebelum adanya kerjasama ini, fasilitas yang dimiliki oleh Fapet Unpad masih sekelas laboratorium.

“Ketika lulusan mulai terjun di dunia kerja, mereka akan kaget. Untuk cegah itu, kami perkenalkan teknologi lebih awal dan kita bawa itu ke kampus,” ujar Rahmat.

Kerjasama ini dilakukan selain untuk meningkatkan kompetensi bidang peternakan bagi mahasiswa, juga kesiapan Fapet Unpad dalam mengirimkan SDM yang ahli di perusahaan, sehingga mendorong adanya pengutana bisnis yang dilakukan oleh mitra industri.

Baca juga: UNPAD Jalin Kerjasama Kembangkan Hijauan Makanan Ternak Berkualitas

Dekan Fapet, Rahmat menilai bahwa diperlukan versifikasi industri untuk mengembangkan bisnis. Memerlukan tim  ahli untuk menilai potensi dalam  proses pengembangan tersebut layak atau tidaknya.

“Di kami ada ahlinya. kita kaji secara ilmiah, nanti setelah itu baru dikaji oleh mereka,” tambah Rahmat. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here