Home Peternakan Tips Agar Hewan Ternak Tetap Sehat Saat Pameran/Pertunjukan

Tips Agar Hewan Ternak Tetap Sehat Saat Pameran/Pertunjukan

Tips Kesehatan Ternak

Bagaimana cara agar hewan kesayangan Anda tetap sehat saat berada di tempat pameran atau pertunjukan?
Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah masalah kesehatan pada hewan selama dan setelah pameran atau pertunjukan.

Jaga Kebersihan Kandang
Jaga kandang hewan di pameran atau pertunjukan sebersih dan sekering mungkin. Pastikan untuk membuang sampah, kotoran, dan sisa-sisa makanan.

Batasi Kontak
Jangan menyentuh, memasukkan kandang, atau memasuki kandang hewan peternakan lain. Jika kontak tidak dapat dihindari, cuci tangan dan desinfektan pakaian dan sepatu sebelum kembali ke hewan Anda sendiri.

Jangan biarkan hewan Anda bersentuhan dengan hewan dari peternakan lain. Hindari berbagi peralatan dengan peserta pameran lainnya. Membatasi kontak antara hewan, peserta pameran, dan peralatan dari peternakan lain mengurangi risiko kontaminasi.

Beri Pakan dan Air Bersih
Berikan air bersih dan pakan kepada hewan selama pameran atau pertunjukan berlangsung. Jangan melakukan perubahan pada jenis pakan, air, atau sumbernya selama pameran. Selain itu, simpan pakan dan peralatan yang tidak digunakan agar tidak terkontaminasi.

Hindari Kontak Antar Spesies
Pisahkan kandang dan transportasi hewan sesuai dengan spesiesnya. Kambing/domba dengan sapi tidak boleh diangkut atau ditempatkan bersama karena risiko penyakit.

Jika mungkin, batasi juga lalu lintas antara peserta pameran dari spesies yang berbeda. Cuci tangan dan ganti pakaian sebelum menangani spesies yang berbeda.

Bersihkan Peralatan Menggunakan Disinfektan
Jangan menggunakan peralatan yang sama untuk hewan di pameran dan hewan di peternakan. Bersihkan dengan disinfektan semua peralatan sebelum membawanya kembali ke peternakan. Ini membantu melindungi hewan yang tersisa di peternakan dari kontaminasi.

Buang Sampah Sisa Pameran
Buang semua sisa tempat tidur, pakan, dan hijauan setelah pameran, baik di pameran atau di lokasi yang sesuai di luar pameran.

Isolasi
Setelah pulang dari pertunjukan atau pameran, hewan harus diisolasi dari sisa kawanan selama dua-empat minggu untuk menghindari kontaminasi. Pantau hewan-hewan ini untuk mencari tanda-tanda penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here