Home Populer Tips Agar Tanaman Alocasia Kamu Banyak Tunas dan Subur

Tips Agar Tanaman Alocasia Kamu Banyak Tunas dan Subur

Agrozine.id – Dengan semakin meningkatnya tren tanaman hias membuat semakin banyak juga orang yang memburu tanaman ini mulai dari tanaman hias bunga hingga tanaman hias daun. Salah satu tanaman hias daun yang menjadi incaran banyak kalangan saat ini adalah Alocasia. Nah jika sudah memiliki tanaman ini, yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana tips agar tanaman alocasia banyak tunas dan subur?

Untuk membuat tanaman alocasia menjadi subur dan banyak tunas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  1. Pencahayaan

Kebutuhan cahaya pada tanaman alocasia sangat beragam dan panas sangat berpengaruh terhadap kekuatan batang tanaman alocasia. Beberapa jenis alocasia menyukai tempat yang teduh, namun beberbapa jenis lainnya justru menyukai tempat yang lebih terang dengan paparan cahaya yang lebih banyak.

Alocasia yang mendapat paparan cahaya matahari yang cukup akan memiliki batang yang kokoh dan warna daunnya cenderung akan lebih baik jika kebutuhan akan cahaya matahari terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: Mengenal Aglaonema Pride of Sumatra, Rotundum Aceh dan Tricolor,
 Si Eksotis Asli Indonesia

2. Pupuk

Selain pencahayaan, pemberian pupuk juga sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanaman alocasia. Pupuk untuk tanaman ini dapat berupa pupuk slow rilis maupun pupuk cair yang disesuaikan dengan kebutuhan tanaman karena kebutuhan nutrisi yang terpenuhi akan membuat tunas tanaman alocasia lebih cepat tumbuh dan tentunya tanaman akan menjadi lebih subur. Pemberian pupuk slow rilis bisa efektif menutrisi tanaman 4-6 bulan.

Baca Juga: Mengenal Aglaonema Golden Hope Greg Hambali, Harganya Puluhan Juta!

3. Media Tanam

Penggunaan media tanam yang tepat juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan kesuburan tanaman alocasia. Umumnya, tanaman alocasia menyukai media tanam yang porous namun kaya akan humus. Media tanam yang digunakan harus mampu mengalirkan air ketika penyiraman berlebihan karena jika kebanyakan air akan menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.

Media tanam yang baik untuk pertumbuhan tanaman alocasia adalah campuran humus, cacahan bambu dan pakis dengan perbandingan 1:1:1 atau menggunakan humus cacahan daun bambu ,sekam yang telah dilapukkan dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Jangan menggunakan media tanam yang keasamannya tinggi karena akan menyebabkan warna daun menjadi gelap.

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Budidaya Calathea untuk Pemula

4. Repotting

Pergantian pot bertujuan agar pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik karena jika tanaman bertambah besar dan dibiarkan dalam pot yang kecil akan mengakibatkan akar tanaman sulit bernapas sehingga tanaman menjadi tidak subur dan pertumbuhan tunasnya akan terganggu.

Siapkan pot yang lebih besar dan masukkan media tanam yang lama hingga setengah pot, kemudian masukkan tanaman dan tutup dengan media tanam yang baru hingga pot penuh. Setelah itu tempatkan tanaman di lokasi yang terkena cukup cahaya matahari tapi tidak boleh terkena paparan sinar matahari langsung supaya daun tanaman tidak menjadi gosong.

Baca Juga: Alasan Sebenarnya Kenapa Monstera Albo Variegata Mahal

5. Pemangkasan

Tunas atau daun tanaman yang sudah terlalu rimbun sebaiknya dipangkas, agar tanaman terlihat lebih indah dan subur. Selain itu daun tanaman yang sudah rusak maupun menguning sebaiknya segera dipangkas juga. Pemangkasan rutin ini akan membuat tanaman alocasia terlihat lebih subur dan mempesona.

Itulah beberapa tips agar tanaman alocasia kamu banyak tunas dan subur. Semoga informasi ini bermanfaat ya. (ira)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here