Home Pertanian Tips Agar Tanaman Melon Berbuah Manis

Tips Agar Tanaman Melon Berbuah Manis

Agrozine.id – Melon adalah buah yang digemari oleh berbagai kalangan. Buah satu ini kerap dihidangkan baik sebagai buah segar, maupun diolah menjadi berbagai menu seperti jus melon, puding buah, salad, dan lain-lain. Rasanya yang manis dan segar di mulut, membuat melon juga sering dijadikan sebagai menu saat Ramadhan datang.

Selain kesempurnaan bentuk buahnya, kualitas melon juga dinilai dari citarasa daging buahnya. Semakin manis, melon makin dianggap berkualitas. Setiap petani pasti ingin tanaman melon miliknya berbuah manis. Namun, ada kalanya hasil panen yang didapat tingkat kemanisannya tidak seperti yang diharapkan. Bahkan, ada yang rasanya hambar. Rasa yang hambar itu disebabkan oleh rendahnya kadar manis yang ada dalam melon.

Bagaimana caranya agar tanaman melon berbuah manis atau bisa bertambah manis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak tips yang bisa diterapkan saat budidaya melon untuk meningkatkan kadar kemanisannya.

  • Pilih benih dari varietas yang memiliki potensi genetik jelas dan unggul dengan kadar brix minimal 13.
  • Jagalah kondisi daun agar tetap sehat sampai menjelang panen. Buah pada tanaman yang terserang penyakit rasanya hambar. Serangan jamur akan merusak jaringan dan klorofil sehingga pasokan gula serta karbohidrat terhambat.
  • Panen melon tepat waktu. Panen yang tepat adalah ketika telah cukup umur, ditandai dengan daun terdekat dengan buah telah berwarna kuning. Namun, melon yang manis rawan pecah. Oleh karena itu, sangat perlu diperhatikan waktu panen yang tepat. Jika ditanam pada musim kemarau, panennya pada umur 62-63 HST. Jika ditanam di musim hujan, melon dipanen pada usia 66-67 HST. Yang terpenting harus sering dipantau untuk menentukan hari panen yang tepat sebelum pecah.
  • Lakukan pengurangan pemberian air seminggu menjelang panen agar TSS naik dan kadar gula juga meningkat. Kandungan air tanah berkorelasi negatif dengan Kandungan Padatan Terlarut Total (Total Soluble Solid=TSS).
  • Selain pupuk NPK, tambahkan pupuk KNO3 (Kalium nitrat) yang kaya unsur K dan N. Pupuk ini berperan dalam proses metabolisme karbohidrat tanaman, kandungan karbohidrat memberikan rasa manis pada buah.Berikan KNO3 mulai usia 20 HST dengan jadwal pemupukan 2 minggu sekali, sampai usia 50 HST. Dosisnya 1 sendok makan, ditabur pada lubang yang dibuat dekat tanaman.
  • Tambahkanpupuk mikro. Salah satu unsur mikro yang berperan meningkatkan kadar kemanisan adalah Magnesium (Mg). Unsur ini berfungsi membentuk klorofil sehingga fotosintesis berjalan maksimal. Proses fotosintesis menghasilkan glukosa (zat gula) dan pati (zat tepung). Di pasaran, produk pupuk mikro Mg ada yang berbentuk tunggal, ada pula yang disatukan dengan unsur mikro lain dalam bentuk pupuk daun. Pemberian pupuk mikro lengkap lebih dianjurkan dan diberikan setiap 10 hari setelah usia 20 HST. Larutkan 2cc pupuk dalam 1 liter air.

Namun perlu diperhatikan, agar melon berbuah manis, penggunaan KNO3 dan pupuk mikro, sebaiknya dihentikan minimal 5-7 hari sebelum panen. Sebab, jika seminggu sebelum panen masih dipupuk, akan menurunkan mutu panen.

Demikian tips agar tanaman melon berbuah manis. Selamat mencoba dan semoga sukses!

(Sumber Foto: )

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here