Home Peternakan Tips Beternak Ayam Hobi, Pelajari Dulu Ilmunya

Tips Beternak Ayam Hobi, Pelajari Dulu Ilmunya

Tips Beternak Ayam Hobi

Agrozine.id – Ternak ayam aduan adalah sesuatu hal yang pasti menyenangkan bagi para penghobi. Selain itu, ternak ayam aduan atau ayam hobi ini ternyata memiliki prospek yang sangat menguntungkan lho. Mengingat ayam jenis ini memiliki harga yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Buat kamu yang masih pemula, simak tips beternak ayam hobi berikut ini.

Menurut Zakaria, salah seorang peternak ayam hobi asal Sampangan, Kota Semarang, ketika ingin memulai ternak ayam hobi, hal pertama yang harus disiapkan adalah ilmu pengetahuan tentang ayam hobi sehingga visi dan misinya jelas. Kemudian, selanjutnya yang harus disiapkan yaitu infrastuktur.

Infrastruktur yang dimaksud adalah kandang ayam yang layak untuk anakan dan pembesaran ayam. Lalu, bagaimana kriteria kandang yang baik? Zakaria mengatakan jika kandang yang baik untuk unggas terutama untuk ayam hobi ini adalah kandang yang mendapatkan sinar matahari cukup dan tidak lembab, sehingga ayam terbebas dari bakteri dan serangkan wabah penyakit lainnya.

Baca juga: Tips Memelihara Ayam Hias Bagi Pemula

Sebenarnya, ketika memulai ternak ayam hobi ini, modal terbesarnya bukanlah uang. Menurut Zakaria yang juga merupakan owner dari Pakhoy Fastdog Farm Semarang, modal utamanya adalah waktu. Dimana waktu untuk melakukan riset persilangan dari berbagai jenis ayam hobi untuk mendapatkan hasil ayam hobi yang unggul.

Tips Beternak Ayam Hobi

Sebelum beternak ayam hobi, kamu harus mengetahui jenis-jenis ayam hobi yang sedang populer. Saat ini, jenis-jenis ayam hobi yang paling laris dan banyak peminatnya di pasaran ada 2 jenis, yakni jenis ayam Pamongan/ Mangon yang merupakan hasil silangan ayam Birma. Lalu, yang kedua adalah jenis ayam Pakhoy. Kedua jenis ayam tersebut berasal dari Thailand.

Setelah itu, kamu dapat memilih indukan ayam hobi yang unggul. Membutuhkan ilmu khusus ketika memilih indukan yang unggul itu seperti apa. Harus diteliti terlebih dahulu bagaimana karakter dan ketahanannya. Jadi tidak sembarangan asal beli. Kamu dapat bertanya langsung kepada para peternak atau penghobi yang sudah berpengalaman.

Jika dilihat dari ciri-ciri fisiknya, indukan ayam hobi yang baik itu pada umumnya fisiknya sehat, memiliki otot dan tulang yang kuat, memiliki bulu yang bagus, dan sudah dewasa atau berusia 7 bulan.

Kemudian yang tidak kalah penting dalam beternak ayam hobi ini adalah pemberian pakannya. Sama seperti jenis ayam petelur atau pedaging, pakan ayam hobi ini sebenarnya bisa berupa biji-bijian seperti jagung, lalu bekatul, ayam rucah, bisa juga pakan buatan pur ayam.

Baca Juga : Kisah Zakaria Peternak Ayam Hobi

Hal yang membedakan dengan jenis ayam lainnya yaitu ayam hobi kebutuhan nutrisinya lebih tinggi. Untuk ayam dewasa membutuhkan 18% protein kalau anakan 22% protein berkualitas, jadi mengikuti tahapan-tahapan umur. Kemudian, harus ada asupan suplemen tambahan lebih seperti kalsium agar otot dan tulang kuat.

Ayam hobi biasanya digunakan untuk kontes aduan. Jadi dalam perawatan dan pemeliharaan ada cara-cara khusus yang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Namun, buat kamu yang hanya ingin beternak atau melakukan breeding saja, hal utama yang harus dilakukan adalah pemantauan kesehatan. Jika ayam sehat maka produktivitas juga akan tinggi.

Zakaria mengatakan, cara menjaga kesehatan ayam hobi ini dapat dilakukan dengan cara pemberian vaksin secara berkala. Jenis vaksin yang dapat diberikan adalah vaksin ND, IB, Korisa. Pemberian vaksin dapat dilakukan 3 bulan sekali.

Pemberian vaksin ini bertujuan agar ayam terbebas dari serangan penyakit. Jenis-jenis penyakit yang sering kali menyerang ayam hobi antara lain korisa atau snot ayam, ayam ngorok, lalu ada kolera. Biasanya penyakit ayam hobi ini terjadi di saluran pernafasan dan pencernaan.

“Untuk penanganannya semua kalau sudah vaksin dan apapun itu penyakitnya masih mudah untuk ditangani. Kalau ayam tidak vaksin, mau sebagus apapun obatnya ayam akan mati,” ungkap Zakaria.

Ayam hobi ini bisa dipanen setelah dilakukan proses pengeraman selama 21 hari. Anakan ayam yang sudah menetas segera pindahkan ke kandang khusus agar mudah dalam perawatannya. Kamu bisa mulai menjual anakan ayam hobi (DOC) ketika berumur mulai 3 minggu atau yang sudah dewasa pun bisa.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan, satu lagi tips beternak ayam hobi yaitu mengamati pasar. Jadi, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana kondisi pasar ayam hobi ini. Jenis-jenis yang sedang populer itu ada apa saja. Biasanya yang dijadikan kiblat Indonesia dalam pasar ayam aduan ini adalah negara Thailand.

Itulah beberapa tips beternak ayam hobi untuk pemula. Dalam memulai usaha ternak ayam hobi ini yang penting jangan menyerah. Belajar terus, pelajari semua ilmu-ilmunya tentang karakteristik ayam hobi itu seperti apa. Seperti halnya yang disampaikan oleh Zakaria berikut.

”Kalau mau beternak ayam hobi ini kuasai ilmunya dulu, baru setelah itu punya infrastruktur bisa dijalankan. Yang penting tidak ada yang lebih pintar. Mau belajar itu saja. Kalau orang yang pinter-pinter itu, dia sudah malpraktek ratusan kali baru bisa menjadi peternak yang betul,” pungkasnya memberikan tips beternak ayam hobi. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here