Home Perikanan Tips Budidaya Lele Sangkuriang untuk Pemula , Pahami Tekniknya!

Tips Budidaya Lele Sangkuriang untuk Pemula , Pahami Tekniknya!

Agrozine.id – Lele sangkuriang, salah satu komoditas perikanan yang mulai banyak dibudidayakan karena memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Lalu bagaimana tips budidaya lele sangkuriang untuk pemula? Dalam artikel ini Agrozine akan memberikan tipsnya bagi anda.

Tips budidaya lele sangkuriang ini datang dari Ade Maulana salah seorang pelaku usaha budidaya lele sangkuriang di Semplak, Bogor. Dalam kesempatan wawancara dengan tim Agrozine, Ade membagikan tips untuk memulai usaha budidaya lele sangkuriang bagi pemula.

Menurut Ade, sebelum melakukan sebuah usaha sangat penting untuk memahami teknik budidaya dari komoditas yang ingin dibudidayakan termasuk lele sangkuriang. Untuk memahami teknik tersebut, ia menjelaskan bisa melalui berbagai pelatihan budidaya tergantung dengan komoditas yang dipilih.

Selain itu, setelah memahami teknik budidaya yang akan dilakukan, Ade juga menyarankan untuk pemula melakukan budidaya secara bertahap. ” Contohnya dalam budidaya lele sangkuriang, pahami dulu tekniknya mau menggunakan teknik budidaya apa,bioflok kah, red water, green water dan sebagainya. Maka disini diperlukan pelatihan yang sudah mencakup semuanya. Kemudian lakukanlah proses budidaya itu secara bertahap. Jangan terlalu dalam volume yang terlalu tinggi. Proses duplikasi itu bisa kita lakukan apabila kita sudah berhasil melakukan proses budidaya dalam skala yang lebih kecil. Nah dengan proses duplikasi untuk memperbesar skala usaha itu bisa dilakukan jika kita sudah memiliki pengalaman untuk grid yang lebih kecil”, jelas Ade.

Baca Juga: Budidaya Lobster Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Nasional

Dijelaskan pula oleh Ade, dalam budidaya lele sangkuriang dibutuhkan keuletan dan ketelatenan dalam memperhatikan faktor penting dalam budidaya. Menurutnya pemilihan bibit atau indukan berkualitas menjadi salah satu penentu keberhasilan budidaya lele sangkuriang. Selain itu, pemeliharaan air dan pemberian pakan juga dikatakannya menjadi faktor lain yang mempengaruhi proses budidaya lele ini.

Untuk penggunaan air yang paling penting diperhatikan adalah pH dari air yang digunakan dalam budidaya lele sangkuriang. pH yang baik untuk budidaya lele secara umum adalah berkisar antara 5-9. ” Jadi dapat kita lihat disini bahwa lele lebih cenderung ke kondisi basa ketimbang kondisi asam. Ikan lele akan rentan pada kondisi asam. Nah pada umumnya ini terjadi pada saat hujan turun dengan kondisi yang cukup tinggi. Selain dari pH kita juga kenal yang namanya ppm biasanya untuk mengukur jumlah kandungan partikel di dalam air. Nah jumlah ppm sendiri berkisar antara 50-100 ppm yang paling ideal untuk budidaya lele sangkuriang”, ujar Ade.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Bioflok untuk Budidaya Lele dan Nila

Nah demikianlah tips budidaya lele sangkuriang. Jika anda berminat untuk memulai usaha budidaya ikan ini, anda bisa menduplikasi tips diatas untuk usaha anda. Namun mengingat tingginya permintaan pasar akan komoditas ikan lele ini, membuatnya semakin banyak juga digandrungi oleh masyarakat. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here