Home Pertanian Tips Budidaya Sayuran Organik, Pasti Berhasil

Tips Budidaya Sayuran Organik, Pasti Berhasil

tips budidaya sayuran organik

Agrozine.id – Saat ini, tren hidup sehat yang semakin meningkat mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi sayuran organik. Sayuran organik dinilai lebih aman dan menyehatkan karena dalam proses budidayanya tidak menggunakan bahan-bahan kimia sama sekali, berbeda dengan sayuran non-organik atau konvensional. Nah, buat kamu penggemar sayuran organik, kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis budidaya sayuran organik. Berikut ini tim Agrozine.id akan mengulas tips budidaya sayuran organik.

tips budidaya sayuran organik

Dalam memulai budidaya sayuran organik, selain teknik budidayanya yang diperhatikan, yang paling utama adalah niat. Bagaimana keseriusan dan komitmen kita terhadap budidaya sayuran organik itu bertujuan untuk menyelamatkan alam dan tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi sayuran organik yang sehat.

“Kita tidak usah berpikir panjang untuk proses budidaya secara organiknya, tetapi lebih ke hati kita, nurani kita untuk proses penyelamatan alam maupun menjaga kesehatan,” ujar Riyanto, asisten manajer dari Tani Organik Merapi.

Tani Organik Merapi (TOM) adalah perusahaan yang bergerak di pertanian organik. Selain sebagai agrobisnis, TOM juga menyediakan jasa penyuluhan dan pelatihan terkait tips budidaya sayuran organik.

Baca Juga : Tani Organik Merapi, Budidaya Sayuran Organik Hasilkan Omzet Ratusan Juta

Riyanto mengatakan, adapun tips budidaya sayuran organik tidak jauh beda dengan budidaya sayuran non-organik. Satu hal yang membedakan yaitu dalam budidaya sayuran organik tidak menggunakan bahan kimia/sintesis sehingga lebih aman dan ramah lingkungan.

Nah, karena tidak menggunakan bahan kimia dalam proses budidayanya, tentu harus dilakukan perawatan dan pemeliharaan secara khusus. Terutama untuk pengendalian hama, penyakit, dan gulma.

tips budidaya sayuran organik

Pengendalian hama dan penyakit yang dilakukan oleh Riyanto di TOM sekaligus menjadi tips budidaya sayuran organik ada 5 cara, antara lain;

  1. Menggunakan tanaman refugia atau tanaman pagar berupa tanaman bunga-bungaan untuk menghalau hama masuk ke lahan tanam.
  2. Menggunakan sistem rotasi tanaman guna mencegah terakumulasinya hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman.
  3. Menggunakan pemodelan tanaman tumpangsari
  4. Pengendalan secara mekanik dengan cara memusnahkan hama atau mencabut tanaman yang terserang penyakit
  5. Menggunakan pestisida nabati yang aman dan ramah lingkungan

Kemudian, untuk pengendalian gulma dapat dilakukan secara sederhana dengan mencabut langsung gulma yang mengganggu tanaman pokok.

Selain pengendalian hama dan penyakit sebagai tips budidaya sayuran organik, tetap perlu dilakukan pemupukan. Dalam budidaya sayuran terlebih lagi dilakukan dengan cara organik tentu harus menggunakan pupuk yang alami seperti kompos dari kotoran ternak. Bisa juga menggunakan pupuk cair dari urin ternak atau limbah sayuran yang sudah difermentasi.

Seperti halnya budidaya sayuran konvensional, dalam budidaya sayuran organik pun penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jika dirasa sudah cukup pengairannya, maka tidak perlu lagi ditambah penyiraman.

Sejauh ini, kendala terbesar dalam budidaya sayuran organik adalah pergantian musim dan batas lahan tanam. Dimana saat terjadi pergantian musim, sayuran akan mudah terserang hama maupun penyakit. Sedangkan untuk batas lahan tanam, dalam budidaya sayuran organik harus benar-benar terhindar dari kontaminasi bahan kimia. Penambahan pagar untuk batas lahan tanam pun tidak cukup. Harus ada filter untuk air yang masuk ke lahan tanam.

Kelebihan budidaya sayuran organik itu yang jelas lebih sehat, lebih aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan-bahan kimia maupun racun-racun yang ada di sayuran. Tetapi masih ada kelemahannya terutama untuk proses budidayanya masih mengandalkan musim dan tergantung dengan kondisi alam. Dan juga tidak bisa menggunakan bahan-bahan kimia untuk membantu proses budidaya sayuran organik.

“Dalam menerapkan beberapa tips budidaya sayuran organik tentu akan ada banyak kendala, tetapi  kita membutuhkan semangat juang kita untuk tetap berbudidaya secara organik. Terutama untuk penyelamatan alam dan penyelamatan kesehatan generasi-generasi kita selanjutnya,” pungkas Riyanto. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here