Home Pertanian Tips Hidup Sehat dengan 7 Manfaat Pakis untuk Tubuh

Tips Hidup Sehat dengan 7 Manfaat Pakis untuk Tubuh

Agrozine.id – Tananaman pakis memang terkenal dengan bentuk yang unik dan indah. Selain bentuk yang unik, terdapat pula manfaat pakis untuk tubuh. Disamping itu, kamu juga bisa mendapatkan udara yang segar karena pakis juga berfungsi menyerap polutan di udara. Dari sini, mungkin takut mengkonsumsinya dan ragu dengan manfaat pakis untuk tubuh.

Memang benar, dua jenis pakis seperti burung unta dan cakar elang mempunyai zat ptaquiloside yang bersifat karsiongen. Namun, zat ini larut dalam air dan kamu bisa aman mengkonsumsinya, melalui proses yang benar seperti yang bisa kamu temui di situs resmi Pemerintahan Kanada.

Tanaman ini mengandung vitamin A dan C serta kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan protein. Protein pada pakis 4,5 kali lebih banyak dibandingkan sayuran hijau yang lain. Dari sini, kamu bisa yakin dengan manfaat pakis untuk tubuh benar adanya. Untuk manfaat lebih lanjut, yuk simak yang sudah dipersiapkan tim Agrozine.id

Penambah Nafsu Makan

Olahan sayur pakis bisa membuat kamu nafsu makan. Selain itu, tekstur kenyal dan cita rasa yang unik membuat kamu ketagihan makan.

Penghilang Stres

Untuk sebagian orang, stres akan meningkatkan jumlah makan. Dengan makan-makan enak, tubuh akan mengeluarkan hormon anti stress, seperti Dopamin, Endorfin, dan Serotonin.

Peningkat kekebalan tubuh

Pakis mempunyai kandungan vitamin A dan C. Dengan partikel antioksidan ini, tubuh kamu akan lebih ampuh menangkal radikal bebas yang meningkatkan resiko kanker dan penuaan dini.

Cegah Kolesterol

Selain kalsium, pakis juga mempunyai kandungan niasin. Dengan kata lain, manfaat pakis untuk tubuh bisa melindungi jantung kamu dan menjaga kolesterol tetap rendah. Dengan mengkonsumsi secara rutin, kamu juga bisa mencegah stroke, penyakit jantung lainnya, dan tekanan darah.

Kesehatan mata dan kulit

Manfaat pakis untuk tubuh yaitu untuk kesehatan mata dan kulit. Dengan vitamin yang ada di pakis, mata dan kulit kamu akan tetap terjaga dari serangan radikal bebas yang membuat tubuh lebih cepat kekurangan kemampuan sebelum waktunya.

Tingkatkan sel darah merah

Zat besi dalam pakis membantu produksi sel darah merah. Tentu, dengan ini tubuh kamu lebih aman dari anemia dan penyakit lain yang berkaitan dengan darah.

Diabetes

Manfaat pakis untuk tubuh berikutnya menjaga gula darah penyebab diabetes. Dengan memaksimalkan kerja tiroid dengan zat mangan di dalam pakis.

Itulah7 manfaat pakis untuk tubuh yang perlu kamu ketahui. Dengan konsumsi pakis yang baik dan rutin, kamu bisa menjadikannya sebagai tips hidup sehat. Tertarik mencobanya? -Dan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here