Home Perikanan Tips Ikan Cupang Berumur Panjang, Begini Caranya

Tips Ikan Cupang Berumur Panjang, Begini Caranya

tips ikan cupang berumur panjang

Agrozine.id – Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang banyak peminatnya. Bentuk dan warna ikan cupang yang beragam serta tingkah laku ikan cupang yang agresif menjadi sesuatu yang menarik. Bagi kamu yang ingin memeliharanya, perlu diketahui berapa lama ikan cupang dapat bertahan hidup. Nah, pada artikel berikut ini akan dibahas mengenai tips ikan cupang berumur panjang. Simak yuk!

Terkait lamanya ikan cupang dapat bertahan hidup itu bervariasi. Ikan cupang liar dapat hidup rata-rata selama dua sampai tiga tahun. Ikan cupang yang hidup liar memiliki tingkat stress tinggi karena harus menjalani kehidupan yang keras.

Baca juga: Rekomendasi 5 Pakan Terbaik untuk Ikan Cupang

Cupang di alam liar harus mencari makan sendiri setiap hari. Belum lagi jika bertemu dan beradu dengan ikan cupang jantan lainnya yang meningkatkan peluang mereka untuk terluka bahkan terbunuh. Kemudian, stres tinggi akibat pencemaran air.

Akan tetapi, dalam akuarium dan dengan perawatan yang tepat, ikan cupang dapat hidup hingga empat tahun atau lebih. Jadi, saat membeli kamu harus tahu terlebih dahulu umur ikan cupang. Ikan cupang jantan umumnya dijual saat berumur satu tahun. Sedangkan betina umumnya dijual lebih cepat, yakni saat berumur 6 bulan.

Baca juga:  Cara Pembenihan Ikan Cupang, Dijamin Sukses

Nah, agar ikan cupangmu bisa bertahan hidup lebih lama, perhatikan 5 tips ikan cupang berumur panjang berikut ini:

  1. Pisahkan cupang pejantan

Cupang jantan terkenal agresif dan teritorial. Jika pejantan ditaruh dalam akuarium yang sama, besar kemungkinan mereka akan bertarung sampai mati.

  1. Gunakan filter dan heater

Filter berfungsi untuk menyaring semua amoniak dan racun lainnya dari air. Filter juga membantu menghilangkan kotoran yang mengapung di sekitar akuarium, menjadikannya terlihat lebih bersih.

Heater digunakan untuk mendapatkan air dengan suhu hangat ideal yang sesuai dengan habitat asli cupang, yakni 24-27 derajat celcius. Selain itu, juga dapat mencegah cupang menjadi stress karena perubahan suhu.

  1. Gunakan akuarium yang besar

Akuarium untuk cupang setidaknya berkapasitas standar 20 liter air. Cupang perlu bergerak lebih banyak dan aktif supaya mencegah cupang merasa tertekan.

  1. Taruh tanaman air dalam akuarium

Memasukkan tanaman hidup dapat meningkatkan kadar oksigen pada akuarium. Dengan begitu, bisa membantu memperkaya ekosistem akuarium yang baik bagi cupang.

Tanaman juga berguna sebagai tempat perlindungan cupang khususnya cupang betina. Tanaman yang baik dimasukkan ke dalam akuarium antara lain anacharis, java fern, dan java moss.

  1. Menjaga kebersihan akuarium

Akuarium yang bersih akan mengurangi kemungkinan penyakit dan bakteri berkembang. Untuk menjaga akuarium tetap bersih, pastikan sedot kotoran serta rutin mengganti air akuarium setiap minggunya. Makanan sisa yang tidak dimakan oleh cupang juga harus segera dibersihkan agar aquarium tetap bersih.

Oke, itulah 5 tips agar cupang dapat bertahan hidup lebih lama. Yang perlu diingat, ikan cupang yang dipelihara di lingkungan yang merugikan kesehatan juga berpengaruh pada usianya. Setelah mengetahui tips-tips diatas, semoga ikan cupang kamu bisa berumur panjang ya. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here