Home Tanaman Hias Tips janda bolong tumbuh subur lebih cepat dari biasanya

Tips janda bolong tumbuh subur lebih cepat dari biasanya

Tips janda bolong tumbuh subur

Agrozine.id – Janda bolong atau monstera adansonii merupakan salah satu jenis tanaman yang paling dicari. Terutama, jenis varigata asal Jepang yang harganya saat artikel ini ditulis sampai jutaan per daun. Agar semakin cuan, kamu yang hobi tanaman hias perlu banget nih tahu tips janda bolong tumbuh subur.

Tips janda bolong tumbuh subur

Pencahayaan

Janda bolong merupakan tanaman tropis yang butuh intensitas cahaya rendah ke sedang. Bila ditaruh di dalam rumah, kamu bisa meletakan tanaman ini di dekat jendela yang menghadap utara atau timur.

 

Bila meletakan tanaman di luar rumah, pastikan ada penghalang baik pohon rimbun atau dinding dari bahan apa pun. Bila tidak memungkinakan, kamu bisa berikan durasi dua jam untuk janda bolong menyerap sinar matahari secara langsung.

 

Suhu dan kelembaban

Tips janda bolong tumbuh subur yaitu menciptakan lingkungan yang serupa dengan habitatnya. Monstera sangat menyukai suhu yang sejuk dan kelembaban yang tinggi. Kamu bisa meletakan tanaman ini area kamar mandi dan dapur.

 

Selain menaruh di tempat yang lembab, kamu bisa menggunakan sprayer agar daun dan media tanam tetap lembab. Penggunaan lumut hidup juga sangat dianjurkan. Namun, jangan sampai menyirami tanaman ini sampai basah.

 

Penyiraman

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, janda bolong sangat suka lembab tetapi tidak basah. Salah satu ciri media tanam sudah siap disiram yaitu ketika kamu memasukan jari hingga 2 cm dan jari kamu merasakan media tanam kering.

 

Selain menyiraminya, kamu bisa menggunakan sprayer yang mengeluarkan air lebih sedikit daripada penyiram tanaman yang lain. Dengan sprayer, media tanam tidak akan terlalu basah meski sering disiram.

 

Media tanam

Tips janda bolong tumbuh subur

Kamu bisa menggunakan media tanam yang poros tetapi mengikat air. Campuran bola hidroton dan perlit bisa membuat media tanam tetap lembab, ada aliran udara, dan membuang air yang berlebih dengan cepat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tanah humus atau kompos untuk pupuk slow release.

 

Pupuk

Memang, media tanam yang digunakan sebelumnya sudah ada unsur hara untuk pertumbuhan. Namun, kamu bisa memberikan tambahan pupuk cair dengan kandungan mikro dan makro setiap sebulan sekali atau dua minggu sekali sesuai anjuran.

Ganti pot

Tips janda bolong tumbuh subur lebih cepat yang terakhir yaitu menganti pot sesuai dengan pertumbuhan tanaman. Semakin besar pohon, pot yang digunakan untuk menampung media tanam pun harus lebih besar.

 

Selain ganti pot, media tanam pun juga harus diganti dengan yang baru karena unsur hara yang mulai sedikit. Pergantian ini bisa dilakukan 1-2 tahun sekali tergantung kebutuhan. (Dan)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here