Home Hortikultura Tips Memelihara Tanaman Hias Philodendron Paraiso Verde

Tips Memelihara Tanaman Hias Philodendron Paraiso Verde

Sumber foto: www.shophoneyplant.com

Agrozine – Meski tergolong langka dan unik, memelihara Philodendron Paraiso Verde ternyata cukup mudah. Jadi, tanaman ini cocok untuk orang yang sibuk atau tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk tanaman mereka. Sebelum kamu membawa tanaman ini ke rumahmu, alangkah baiknya kamu mengetahui tips memelihara tanaman hias yang unik ini. Langsung disimak saja ya Sobat.

Sirami tanaman sesering mungkin, tetapi pastikan tanah memiliki cukup waktu untuk mengering sebelum disiram kembali. Jika kamu menyiram tanah yang sudah basah, malah akan membuat tanah jenuh dan tanaman mati lemas. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, rasakan tekstur tanah dengan jari-jari kamu atau gunakan alat pengukur kelembapan untuk memastikan bahwa bagian atas tanah sudah kering. Baru kemudian sirami tanaman lagi. Kebutuhan air tanaman ini cenderung bervariasi antar musim, meningkat selama musim panas yang hangat dan menurun selama musim dingin.

Selama musim dingin (di daerah empat musim), tanaman ini cenderung tumbuh lebih lambat. Kamu harus memahami bahwa memberi mereka pupuk secara berlebihan atau menyiraminya lebih sering tidak akan membuat mereka tumbuh lebih cepat. Beri mereka air sesuai kebutuhan dan hindari memperbanyak atau memangkasnya selama periode ini. Dalam beberapa bulan, tanaman akan kembali normal.

Drainase yang tepat di tanah merupakan bagian penting dalam memelihara Paraiso Verde. Jika tanah tergenang air, akarnya akan busuk dan mati. Oleh karena itu, tekstur tanah dan kemampuannya untuk mengalirkan air sekaligus menyerap dalam jumlah yang tepat merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Kamu dapat menggunakan campuran media tanam yang kaya unsur hara dan gembur untuk tanaman ini. Ingatlah untuk menjaganya tetap lembap.

Dalam hal cahaya, tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari, tetapi tidak secara langsung. Anda dapat meletakkan tanaman di ruangan yang cukup terang di balik kerai dan tirai tipis. Namun, memberinya paparan langsung sinar matahari bisa sangat merusak daunnya. Pertama-tama, itu akan membakarnya. Kedua, jika mereka adalah tanaman variegata, itu akan merusak pola indahnya.Sebab, mereka berasal dari daerah tropis sehingga lebih menyukai keteduhan daripada sinar matahari langsung. Jika kesulitan menemukan tempat yang cocok untuk mereka, kamu dapat menggunakan naungan untuk melembutkan cahaya yang menerpa daun.

Tanaman tropis ini lebih menyukai suhu yang lebih hangat daripada dingin. Oleh karena itu, jauhkan tanaman ini dari paparan langsung fluktuasi suhu yang keras, seperti AC, ventilator, dan di depan jendela yang terbuka.

Tanaman ini memerlukan tingkat kelembapan minimal 65 hingga 70%, dan juga dapat tumbuh dengan baik dalam jumlah di luar tingkat ini. Untuk memastikan tanaman hidup dalam kelembapan udara yang maksimal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa memasang humidifier dalam ruangan. Jika tidak, kamu bisa memisting tanaman secara teratur dengan air suling dalam botol semprot. Menempatkan tanaman di nampan kerikil berisi air juga merupakan cara yang efektif untuk memaksimalkan kelembapan di sekitar Philodendron.

Philodendron paraiso verde tidak memerlukan pemangkasan teratur, namun ada kalanya memotong sebagian pertumbuhan dapat bermanfaat bagi tanaman. Jika tanaman merambat ini tumbuh melebihi ruang Anda, tidak masalah jika Anda membuang tidak lebih dari 25 persen dari total pertumbuhan tanaman agar tetap terkendali. Jika tanaman Anda memiliki beberapa daun berwarna hijau solid, membuangnya dapat membantu lebih banyak cahaya mencapai daunnya yang beraneka ragam, yang akan membantu tanaman mempertahankan variegasinya.

Jika akar tanaman tumbuh keluar dari lubang drainase, berarti perlu dilakukan pot ulang. Kejadian seperti itu biasanya tidak terjadi selama bertahun-tahun dan hanya membutuhkan pot ulang setiap tahun atau setiap beberapa tahun. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah di musim semi. Hindari melakukannya selama musim dingin.

Agar tanaman ini tumbuh baik dan sehat, pastikan tanaman selalu bersih dan kering. Basahi tanaman dengan air suling atau minyak neem (minyak nimba) dan bersihkan. Ini akan membuat tanaman kamu terlihat berkilau dan cerah, juga akan menjauhkan serangga dan hama.

Cara ideal untuk memperbanyak tanaman ini di rumah adalah dengan setek batang. Caranya sebagai berikut:

  • Pilih tanaman induk yang mulus dan sehat.
  • Pilih batangyang memiliki daun dan ruas. Potong beberapa setek batang menggunakan pisau tajam dan bersih.
  • Buang semua daun dari batang setek, sisakan hanya dua atau tiga daun.
  • Gunakan jari Anda untuk membuat lubang sedalam beberapa inci.
  • Siapkan media tanam yang subur dalam pot yang bawahnya berlubang.
  • Tanam potongan di dalam pot, pastikan ruasnya berada di bawah garis tanah.
  • Sediakan tiang lumut atau penyangga lain agar tanaman dapat memanjat.
  • Letakkan potongan di tempat hangat dengan cahaya terang dan tidak langsung. Jaga agar tanah tetap lembab tetapi tidak basah.
  • Pupuk sebulan sekali selama musim semi dan musim panas.Hentikan pemupukan saat suhu mendingin di musim gugur.
  • Tumbuhnya daun baru merupakan tanda bahwa stek telah berakar. Anda bisa menanamnya dan merawatnya seperti biasa.

Demikianlah tips memelihara tanaman hias  Philodendron Paraiso Verde. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini: 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here