Home Peternakan Tips Memilih dan Menangani Telur yang Baik dan Sehat

Tips Memilih dan Menangani Telur yang Baik dan Sehat

www.licious.in

Agrozine – Hampir setiap hari begitu banyak orang menyantap telur, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sebab,  telur dapat disiapkan dalam berbagai bentuk olahan, harganya relatif murah, sangat mudah diperoleh di pasar atau supermarket, dan selalu tersedia setiap saat. Namun, mungkin hanya sedikit yang tahu cara mencegah agar telur yang dikonsumsi tidak mengalami penurunan kualitas atau kerusakan. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai cara memilih dan menangani telur yang baik dan sehat diperlukan oleh kita semua.

Berikut ini tips memilih dan menangani telur yang baik dan sehat seperti yang disampaikan oleh Dr drh Trioso Purnawarman, MSi  dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University.

  • Pastikan bentuk telur normal, tidak retak, tidak ada kotoran yang menempel, serta ketika kita raba cangkang telur licin tidak kasar.
  • Cara penyimpanan telur yang benar, yaitusortir telur terlebih dahulu, dipisahkan antara telur yang bersih, yang kotor, dan yang Telur yang kotor dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan. Telur yang retak dibuka, lalu masukkan ke dalam plastik dan disimpan ke dalam lemari pendingin.
  • Cara peletakan telur yang benar, yaitu meletakkan ujung lancip telur di bagian bawah dan ujung tumpul di bagian atas. Sebab, bagian ujung tumpul mempunyai kantong udara sehingga jika terbalik meletakkannya dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas telur.
  • Masa penyimpanan telur yang tidak dicuci bertahan sampai 30 hari. Telur yang dicuci hanya akan bertahan sampai 15 hari karena terjadi proses penguapan sehingga lebih cepat membusuk dan mengalami penurunan bobot.
  • Agar kandungan gizi di dalam telur tidak mengalami penurunansaat direbus, air dipanaskan terlebih dahulu sampai mendidih, baru masukkan telur. Angkat telur terlebih dahulu sebelum mematikan kompor agar waktu pemasakan sesuai dengan yang kita inginkan. Perebusan telur yang baik dan aman yakni membutuhkan waktu masak sekitar 7 menit.

Selain tips di atas, ada tips dalam membedakan telur yang baru dan yang lama. Telur yang baru warna kulitnya terlihat fresh dan mengkilap, sedangkan telur yang sudah lama warna kulitnya terlihat kusam.

Demikianlah tips memilih dan menangani telur yang baik dan sehat. Semoga bermanfaat. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here