Home Pertanian Tips Menanam Cabe Rawit di Sawah

Tips Menanam Cabe Rawit di Sawah

tips menanam cabe rawit

Agrozine.id – Cabe rawit merupakan salah satu jenis cabe favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang sangat pedas. Cabe rawit sangat mudah ditanam di rumah baik di dataran rendah sampai dataran tinggi. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengulas mengenai tips menanam cabe rawit di sawah. Yuk simak ulasannya.

Cabe rawit dapat di tanam dimana saja, asalkan tanahnya subur dan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jika kamu mempunyai lahan sawah kosong, kamu bisa mencobanya dengan menanam cabe rawit di sawah.

Baca juga: Cara Menyimpan Cabe Segar Supaya Tidak Cepat Busuk

Tips Menanam Cabe Rawit di Sawah

Jika kamu bingung bagaimana cara menanam di sawah dengan baik dan benar, simak tips berikut ini:

  1. Sebelum menanam, ada baiknya lakukan pembajakan pada area lahan sawah yang akan digunakan terlebih dahulu. Tujuannya agar tanah yang akan ditanami dapat menjadi gembur.
  2. Setelah itu, buat bedengan pada lahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Lakukan pembedengan dengan metode memanjang.
  3. Setelah selesai membuat bedengan, proses selanjutnya adalah dengan menyemai biji cabe yang hendak ditanam. Kamu bisa melakukan penyemaian terlebih dahulu di dalam wadah semai.
  4. Media yang dianjurkan untuk penyemaian adalah campuran tanah, pupuk kandang atau kompos dan sekam bakar dengan perbandingan 3:2:1.
  5. Benih disemai satu persatu dalam wadah semai yang sudah di isi media semai, dan ditutup dengan media semai halus dengan cara diayakan. Untuk mempertahankan kelembaban, persemaian ditutup dengan karung plastik atau goni atau daun pisang.
  6. Setelah biji cabe selesai disemaikan, lalu tunggu hingga biji tersebut tumbuh dan siap untuk di tanam.
  7. Setelah itu tanamkan benih kelahan pesawahan yang sebelumnya sudah disiapkan.
  8. Lakukan perawatan secara intensif pada tanaman tersebut. Karena di lahan persawahan berbeda dengan cara menanam di dataran tinggi. Maka dari itu lakukan pemupukan dan pengendalian hama penyakit tanaman agar panen dapat maksimal.
Baca juga: Cara Menanam Cabe Hidroponik Menggunakan Botol Bekas

Demikianlah tips menanam cabe rawit di sawah. Semoga informasi pada artikel ini dapat membantu kamu yang ingin menanam di sawah. Selamat bercocok tanam! (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here