Home Tanaman Hias Tips mengkilapkan daun dengan bahan yang ada di rumah

Tips mengkilapkan daun dengan bahan yang ada di rumah

atasi Aglaonema yang layu

Agrozine.id – Tanaman memang pembersih udara yang alami. Tidak heran, kamu akan menemukan banyak debu yang menempel di permukaan daun. Namun, kamu yang sangat cinta tanaman hias akan merasa terganggu dengan kondisi seperti ini. Ternyata, ada tips mengkilapkan daun dengan bahan yang ada di rumah daripada menggunakan produk pengkilap daun pabrikan, loh.

 

Dengan permukaan daun yang bersih dan berkilap, tanaman akan lebih mudah melakukan transpirasi dan fotosintesis. Pertumbuhan tanaman pun semakin baik dan produktif menghasilkan anakan yang baru.

 

Selain mengandalkan produk pengkilap daun pabrikan, kamu bisa mengandalkan tips mengkilapkan daun dengan bahan yang ada di rumah sebagai alternatif. Tentunya, daun tanaman hias kamu akan lebih mengkilap daripada membersihkan dengan air saja.

 

  1. Campuran susu dan air

membersihkan debu

Sobat Agro, ternyata cairan dari campuran susu dan air bisa membantu membersihkan debu pada daun. Pastinya, tanaman hias daun kamu juga akan mengkilap. Kamu cukup mencampurkan susu dan air dengan perbandingan 1:1 atau masing-masing satu gelas minum di rumah. Pastikan susu dan air sudah kamu aduk merata, sebelum kamu mengelap daun dengan kain yang lembut.

 

  1. Kulit pisang

Tips mengkilapkan daun

Buah yang sering kali kamu jumpai ini ternyata bisa banget kamu gunakan untuk membersihkan debu pada permukaan daun yang kotor. Selain isinya bisa untuk kolak, bagian dalam kulit pisang mempunyai bahan yang mampu menyerap debu dan menutrisi daun.

 

Kamu cukup menggosokan dengan lembut bagian dalam kulit pisang. Lakukan beberapa kali hingga daun bersih dan ganti kulit pisang yang sudah kotor. Tips mengkilapkan daun ini bisa kamu lakukan setidaknya seminggu sekali atau saat daun tanaman hias kamu sudah kotor.

 

  1. Mayones

Tips mengkilapkan daun

Saat sedang pandemi seperti ini, ketika membeli makanan cepat saji kamu diberikan mayones kemasan untuk produk salad. Nah, buat kamu yang tidak suka mayones jangan dibuang begitu saja ya. Ternyata, mayones sangat berguna untuk membersihkan dan mencegah debu mengendap pada tanaman hias daun kamu.

 

Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu bisa menggunakan kain lembut, kanebo, atau tisu wajah. Tuang mayones pada permukaan alas lap dan seka perlahan pada daun yang kotor.

 

  1. Sabun dan air

Terakhir, kamu bisa menggunakan sabu dan air. Sabun memang mengandung zat yang mampu membersihkan kotoran pada permukaan benda apa pun. Namun, sebaiknya kamu menggunakan sabun yang lembut atau sabun yang melembabkan kulit.

 

Campurkan dua tetes atau pump sabun pada satu gayung air. Basahi kain dengan cairan yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Lalu, lap perlahan pada tanaman yang kotor. (Dan)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here