Home Tanaman Hias Tips merawat calathea lengkap untuk pemula di tanaman hias

Tips merawat calathea lengkap untuk pemula di tanaman hias

Tips merawat calathea lengkap

Agrozine.id – Trend mengoleksi tanaman hias memang sangat digandrungi saat pandemi. Salah satu jenis tanaman hias daun yang menarik perhatian yaitu calathea. Namun, agar calathea tumbuh sehat kamu perlu mengetahui tips merawat calathea lengkap untuk pemula berikut ini.

Tips merawat calathea lengkap

Media tanam

Ini berlaku untuk kamu yang baru membeli calathea sebagai tanaman hias kesayangan di rumah. Mengganti media tanam sangat tidak dianjurkan bila calathea tidak mengalami masalah atau sakit.

 

Mengganti media tanam yang sudah mature atau cocok dengan karakter tanaman bisa membuat calathea stress. Ketika stress, tanaman kesayangan kamu mudah sekali kena penyakit, salah satu kondisinya bisa layu atau daun menguning.

 

Jika kamu ingin memindahkan tanaman di pot yang lebih besar atau memisahkan anakan dari indukan, pastikan menggunakan media tanam yang steril. 

 

Media tanam yang steril membuat tanaman cepat menyesuaikan diri dan lebih aman dari penyakit. Untuk komposisinya, kamu bisa menggunakan media berupa tanah humus atau tanah biasa, campuran pupuk kompos atau kotoran hewan, dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1:1.

 

Ukuran pot

Pot juga memainkan peranan penting dalam tips merawat calathea lengkap untuk pemula. Ukuran pot berbanding lurus dengan kemampuan tampung media tanam.

Tips merawat calathea lengkap

Jika calathea terlalu besar dan pot terlalu kecil, tanaman kesayangan kamu tidak mendapatkan nutrisi yang sesuai kebutuhannya. Hal ini tentunya akan mengganggu pertumbuhan tanaman itu sendiri.

 

Selain itu, pot yang terlalu besar akan berpengaruh pada pertumbuhan tunas atau daun. Dengan pot yang besar, tanaman akan berfokus pada perbanyakan akar. Baru setelah itu, tanaman akan lebih cepat berkembang.

 

Calathea menguning

Gejala yang paling umum muncul ketika tanaman kamu bermasalah yaitu daun menguning belum waktunya gugur.

Tips merawat calathea lengkap

Ketika kamu terlalu sering menyiram dengan volume yang besar, daun calathea akan menguning. Media tanam yang lembab juga menjadi sarang penyakit entah itu jamur atau bakteri.

 

Terlalu jarang menyiram pun akan menyebabkan daun calathea menguning, tetapi daun tidak terlihat layu seperti terlalu banyak disiram.

 

Solusinya, kamu bisa menyiram sesuai dengan kebutuhan tanaman dengan melihat permukaan media tanam. Ketika masih basah, tunda penyiraman dan saat kering kamu bisa memberikan air.

 

Selain masalah air, tanaman yang kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab daun kuning. Kamu bisa memberikan pupuk cair dengan unsur hara natrium, fosfor, dan kalium seminggu sekali atau sesuai anjuran pada kemasan.

 

Gejala penyakit

Selain daun menguning, gejala penyakit lain yang bisa timbul seperti jamur pada daun atau media tanam. Serangan hama lain pun juga tidak menutup kemungkinan seperti ham yang merusak daun.

 

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan fungisida atau insektisida sesuai dengan gejala yang muncul. 

 

Namun, untuk media tanam yang mulai terserang jamur sangat parah, kamu harus mengganti media tanam dan pot yang terkontaminasi dengan yang baru dan steril.

 

Itulah tips merawat calathea lengkap yang bisa kamu terapkan di rumah. Khususnya, untuk kamu yang pemula di tanaman hias. (Dan)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here