Home Pertanian Tips Tanam Bunga Marigold di Pot Rumah

Tips Tanam Bunga Marigold di Pot Rumah

Agrozine – Jenis tanaman hias satu ini tidak hanya indah, namun juga berkhasiat. Di Indonesia, bunga marigold yang akrab disebut bunga tahi ayam telah banyak ditanam di pekarangan rumah. Saat berbunga, marigold akan dikelilingi kupu-kupu karena mengandung banyak nektar. Kelopak bunga ini juga kerap diseduh sebagai teh untuk mengatasi sakit tenggorokan, demam, dan nyeri saat menstruasi. Marigold juga dimanfaatkan sebagai essential oil untuk mengusir nyamuk dan hama di sekitar tanaman.

Bunga marigold dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis. Tiga varietas marigold yang paling diminati pasaran antara lain molek kuning, rona, dan cassanova. Masing-masing memiliki warna yang berbeda seperti warna kuning, oranye, dan oranye keemasan. Karena bentuknya yang indah dan ragam khasiatnya, tidak ada salahnya kamu mencoba menanam bunga satu ini. Berikut tips tanam bunga marigold di pot rumah!

  1. Waktu Tanam

Sebelum mulai tanam bunga marigold, kamu harus mengetahui waktu yang tepat untuk menanamnya. Marigold akan tumbuh dengan optimal saat mendapat cahaya matahari sepenuhnya. Untuk itu, hindari menanam marigold di tempat teduh.  Tanamlah bunga ini pada pagi atau sore hari saat tidak terlalu terik.

 

  1. Memilih Varietas

Dari ketiga varietas marigold yang paling diminati pasaran, masing-masing memiliki syarat tumbuh yang berbeda.

  • Marigold molek kuning: Bunga ini dapat beradaptasi dengan baik pada ketinggian 300-800 mdpl. Jika tumbuh akan berwarna kuning dengan tinggi mencapai 60-90 cm dan jumlah bunganya 200 kuntum per tanaman. Kamu dapat memanen molek kuning saat tanaman berusia 39-50 hari setelah tanam.
  • Marigold rona: Bunga tumbuh dengan baik pada ketinggian 600-800 mdpl dan dapat dipanen setelah 44-50 hari ditanam. Bunga oranye ini memiliki 160-260 kuntum dengan tinggi 65-125 cm.
  • Marigold cassanova: Bunga ini dapat beradaptasi dengan baik pada ketinggian kurang lebih 800 mdpl. Saat berbunga akan berwarna oranye keemasan dengan tinggi 38-82 cm dan dapat dipanen mulai umur 44-54 hari setelah tanam.

 

  1. Persiapan Tanam

Untuk menanam bunga marigold, pilihlah pot bunga yang memiliki lubang pada bagian dasarnya. Selain itu, tambahkan kerikil sebelum memasukkan media tanam agar tanaman bunga memiliki drainase air yang baik. Benih bunga marigold dapat dibeli di toko pertanian ataupun kamu siapkan sendiri. Jika ingin menyiapkan benih sendiri, pilih biji bunga marigold tua yang kering dan simpan beberapa minggu.

 

  1. Penanaman Benih

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu praktikkan saat menanam bunga marigold. Yang pertama, gunakanlah variasi campuran benih agar kebun memiliki ragam warna. Jika ada benih sisa, simpanlah pada toples untuk digunakan pada penanaman berikutnya. Selain itu, hindari penaburan lebih dari satu benih dalam pot. Jika terlalu banyak benih, maka tanaman akan saling berebut tempat. Gunakan tanah gembur yang mengandung nutrisi baik dan sirami tanaman menggunakan sprayer.

 

  1. Perawatan Bunga

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan agar bunga marigold tumbuh optimal dan terhindari dari hama dan penyakit tanaman.

  • Gantilah bibit yang gagal tumbuh dengan yang baru. Bibit mati biasanya berwarna coklat, kamu bisa menggunakan sendok untuk mempermudah proses ini.
  • Saat tinggi bibit sudah mencapai 15 cm, kamu dapat memindahkan bunga marigold ke media yang lebih besar. Tanaman dengan ketinggian ini sudah cukup kuat.
  • Lapisi permukaan tanah dengan bahan organik seperti jerami atau kulit pinus untuk menghindari tumbuhnya rumput liar atau gulma. Letakkan hingga tebal mencapai 2,5-5 cm.
  • Berikan pupuk NPK atau campuran pupuk kandang dengan kompos dengan perbandingannya masing-masing 1:1. Lakukan pemupukan setiap dua minggu sekali.

 

Nah, berikut tips tanam bunga marigold di pot rumah yang mudah dilakukan untuk pemula. Karena budidaya marigold tergolong mudah, kamu dapat pula menjadikan tanaman hias ini sebagai peluang bisnis. (rin)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here