Home Perikanan Umitron Kembangkan Umitron Lens, Sistem Pengukuran Ikan Otomatis

Umitron Kembangkan Umitron Lens, Sistem Pengukuran Ikan Otomatis

sistem pengukuran ikan otomatis

Agrozine.id – UMITRON merupakan perusahaan akuakultur yang berbasis di Singapura dan Jepang yang fokus pada pemecahan permasalahan pangan dan lingkungan melalui penggunaan teknologi canggih. Belum lama ini, Umitron kembangkan sistem pengukuran ikan otomatis yang disebut dengan “Umitron Lens”.

Menggunakan teknologi AI dan IoT, secara otomatis perangkat yang dikembangkan Umitron dapat mengukur ikan pada instalasi akuakultur. Dengan menggunakan kamera portable yang disambungkan dengan aplikasi seluler, lensa pada kamera tersebut secara otomatis mengukur ikan yang ada di bawah air. Data pengukuran tersebut nantinya dapat diakses melalui cloud.

Baca juga: Innovasea Luncurkan Tag Akustik Telemetri V3 untuk Melacak Ikan Kecil

Dalam manajemen budidaya perikanan, mampu melacak ikan selama siklus pertumbuhan merupakan bagian yang terpenting. Cara pengukuran pertumbuhan ikan saat ini melibatkan pengambilan sampel ikan dalam jumlah yang cukup secara berkala. Dimana hal itu tidak hanya merupakan operasi padat karya bagi para pembudidaya, tetapi juga dapat menyebabkan stres pada ikan.

Dengan adanya Umitron Lens yang menggunakan kamera stereo kecil dan kecerdasan buatan (AI), pembudidaya dapat mengukur ukuran ikan secara otomatis di dalam tambak atau kolam dan bisa langsung terhubung ke internet untuk selanjutnya dapat tersimpan di cloud.

Menurut Umitron, cara ini memudahkan pemeriksaan pertumbuhan ikan bagi para pembudidaya, membantu mereka mengurangi beban kerja, mengelola operasi mereka dengan lebih efisien, dan pada gilirannya dapat meningkatkan keuntungan mereka.

Sebenarnya, Umitron telah mengembangkan sistem pengukuran ikan otomatis ini di Jepang sejak tahun 2018, dengan fokus pada peningkatan pengalaman pengguna di lokasi pertanian yang sebenarnya, mengumpulkan kumpulan data yang berguna dari operasi pengukuran, dan meningkatkan keakuratan estimasi ukuran.

Dalam menggunakan kamera stereo kecil untuk meningkatkan kegunaan, perusahaan menyadari ada masalah akurasi yang lebih rendah, tetapi mereka mengembangkan algoritme unik untuk mengatasi hal ini dan mencapai tingkat akurasi pengukuran tubuh ikan yang tinggi.

Umitron bertujuan untuk menciptakan model akuakultur berkelanjutan di masa depan dengan mengintegrasikan data dari “Umitron Lens” dengan pengumpan otomatis “Umitron Cell”, sistem analisis nafsu makan ikan “Umitron FAI”, dan layanan data laut beresolusi tinggi yaitu “Umitron pulse”.

Baca juga: Wittaya Aqua : Teknologi Perikanan Ramah Lingkungan

“Kami akan meluncurkan “Umitron Lens” secara bertahap kepada petani akuakultur mulai tahun depan dan seterusnya dan mencari mitra proyek baru yang tertarik dengan “Umitron Lens” dan model integrasi akuakultur di masa depan. Jika Anda seorang pembudidaya ikan, koperasi perikanan, pemerintah daerah dan pusat atau organisasi internasional yang tertarik dengan layanan dan proyek kami, jangan ragu untuk menghubungi kami,” kata perusahaan dalam siaran persnya. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here