Home Perikanan Umitron Pulse, Aplikasi Pemantauan Data Perairan Berbasis Satelit

Umitron Pulse, Aplikasi Pemantauan Data Perairan Berbasis Satelit

Umitron Pulse Aplikasi Pemantauan Data Perairan

Agrozine.id – Aplikasi pemantauan data perairan. Baru-baru ini, perusahaan bidang akuakultur yang fokus dengan pengembangan teknologi, UMITRON, meluncurkan aplikasi pemantauan data perairan berbasis satelit yaitu Pulse. Umitron Pulse merupakan layanan data laut dari Umitron yang menyediakan peta resolusi tinggi dari parameter lingkungan kritis seperti suhu air, klorofil, oksigen terlarut, salinitas, dan tinggi gelombang.

Kali ini, Umitron meluncurkan aplikasi Umitron Pulse pada perangkat iOS. Sebelumnya, pada bulan Juli 2020 peluncuran awal aplikasi tersebut hanya untuk computer desktop. Kemudian, selanjutnya diikuti oleh perilisan aplikasi Umitron Pulse untuk Android pada bulan November.

Baca juga: Umitron Kembangkan Umitron Lens, Sistem Pengukuran Ikan Otomatis

Sebagai aplikasi pemantauan data peraian, layanan ini melaporkan mendapat umpan balik positif dari para pembudidaya di wilayah seluruh dunia. Seperti yang diungkapkan oleh Gary Zippel, dari Zippel’s Smoky Bay Oysters di Australia Selatan.

“Data suhu membantu saya membuat keputusan manajemen tentang penilaian, dan seiring waktu saya akan menyelaraskan hasil dengan data untuk membuat keputusan pengelolaan lainnya,” ungkapnya.

Pembudidaya ikan juga mendapat manfaat dari data yang disediakan oleh Pulse. Salah satu pembudidaua ikan air tawar di Ehime Jepang, Hyodo-suisan mengatakan, “Kami memeriksa dan mencatat suhu, oksigen terlarut dan nilai salinitas yang ditampilkan pada Umitron Pulse setiap hari. Hingga saat ini, kami telah menggunakan sensor untuk memeriksa setiap parameter kualitas air secara manual. Dibandingkan dengan operasi lama, Pulse telah membuat pemrosesan data jauh lebih mudah dan lebih cepat dan tidak tergantung pada cuaca atau peralatan apa pun.”

Baca juga: Innovasea Kenalkan Teknologi Perikanan Sistem Aerasi dan Oksigenasi Otomatis

Lebih dari itu, ia menambahkan bahwa Umitron Pulse mampu memvisualisasikan area yang luas daripada satu titik untuk parameter penting seperti klorofil dan tinggi gelombang. Sehingga, sangat berguna untuk memahami lingkungan.

“Kami pikir Pulse memiliki kekuatan untuk menarik banyak pembudidaya. Kami berharap ini terus berbenah dan berkontribusi pada pengembangan industri akuakultur,” ujarnya.

Umitron sebagai aplikasi pemantauan data perairan juga baru-baru ini dianugerahi hibah demonstrasi bisnis dari program demonstrasi data satelit terbuka dan gratis dari Japan Space Forum. Umitron akan bekerjasama dengan pembudidaya ikan ekor kuning di Oita, Jepang untuk menyediakan data dan analisis laut dengan menggabungkan data penginderaan jauh satelit dengan observasi kamera multi-spektrum yang disediakan oleh sensor lokal.

Proyek Umitron ini bertujuan untuk menentukan bagaimana sensor kamera di dekat peternakan dapat diintegrasikan dengan sensor berbasis satelit di luar angkasa untuk meningkatkan akurasi dan resolusi data. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here