Home Perikanan Unhas Gelar Webinar Manfaat Mengelola Wilayah Perikanan

Unhas Gelar Webinar Manfaat Mengelola Wilayah Perikanan

Agrozine.id – Unhas gelar webinar nasional soal manfaat mengelola wilayah perikanan di Indonesia melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dengan tema “Pemanfaatan Wilayah Perikanan (WPP) untuk Ketahanan Pangan Nasional dan Penciptaan Lapangan Kerja Bagi Lulusan Perguruan Tinggi pada Kamis 22 Oktober 2020 pukul 08.30 WITA.

Dalam webinar tersebut hadir sebagai narasumber, Ir Kamarijah MSi selaku Pengelola Produksi Perikanan Tangkap Ahli Madya, Ditjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan), Dr Ir St Aisjah Farhum MS selaku Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas) dan Dr Muhammad Lukman (GEF/FAO ISLME Project) dan Dr Naslina Alimina SPi, MSi selaku akademisi FIKP Universitas Haluoleo,Kendari).

Kata sambutan disampaikan oleh Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg Arsuna Arsin M.Kes sebagai tanda dibukanya acara. Dalam sambutannya Prof Arsuna mengatakan kegiatan webinar tersebut dilaksanakan dalam rangka World Food Daya 2020 untuk membahas isu ketahanan pangan pada sektor perikanan serta peluang lapangan pekerjaan berbasis ilmu kelautan dan perikanan termasuk manfaat mengelola wilayah perikanan meskipun di tempat tinggal masing-masing.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan saran dan informasi sekaligus memberikan peluang kepada para mahasiswa maupun alumni Unhas untuk mempersiapkan diri terlibat dalam pengelolaan perikanan Indonesia”, jelasnya.

Ditambahkan Prof Arsunan dalam masa pandemi Covid saat ini sektor ketahanan pangan menjadi salah satu persoalan serius yang dihadapi pemerintah sehingga diperlukan berbagai kebijakan yang dapat membantu mendukung ketahanan pangan nasional, minimal mengetahui manfaat mengelola wilayah perikanan sebagai stimulus gagasan.

Ir Kamarijah MSi menyampaikan materi terkait “Kebijakan Strategi Pengelolaan Sumberdaya Ikan untuk Mendukung Ketahanan Pasar dan Penciptaan Lapangan Kerja”. Beliau menyampaikan bahwa WWP sangat penting sebagai dasar pengelolaan perikanan lestari dan berkelanjutan. Dalam pengelolaan perikanan tangkap ada beberapa aspek utama yang harus diperhatikan secara transformatif dan akselaratif diantaranya aspek biologi, lingkungan, ekonomi dan sosial.

“Dari sisi kebijakan pemanfaatan WWP mendorong peningkatan jumlah sumberdaya ikan, konsumsi ikan mengalami peningkatan, memberikan kesejahteraan pada nelayan, sampai pada pengaruh hasil tangkap nelayan tradisional”, ujar Ir Kamarijah.

Manfaat mengelola wilayah perikanan juga dipaparkan Dr Ir St Aisjah Farhum lewat paparan materi berupa “Pemanfaatan Sumberdaya Ikan pada WPP Sebagai Peluang Lapangan Kerja Berbasis Kelautan Perikanan: Perspektif Perguruan Tinggi”.

baca juga : Intip Kajian Pembangunan Perikanan di Papua Barat

Kegiatan Webinar nasional pemanfaatan pengelolaan wilayah perikanan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama hingga pukul 11.30 WITA setelah sesi pemaparan materi oleh para narasumber dan sesi diskusi. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here