Home Pertanian UNILA Jadi Tuan Rumah Kongres INACID/KNI-ID

UNILA Jadi Tuan Rumah Kongres INACID/KNI-ID

Agrozine.id -Kongres INACID/KNI-ID (Komite Nasional Indonesia untuk Irigasi dan Drainase) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu membahas tentang tema ” Pengembangan dan Pengelolaan Food Estate Berkelanjutan untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan dan Meningkatkan Kesejahteraan Petani Dalam Lingkungan Strategis yang Dinamis”, dengan 5 subtema yakni Pengelolaan Air untuk Lahan Pertanian dan Irigasi, Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Pengelolaan Lingkungan, Pengembangan Kelembagaan dan Pembiayaan dan Belajar dari Pengembangan Food Estate Masa Lalu. Dalam penyelenggaraannya, UNILA jadi tuan rumah Kongres INACID/KNI-ID ini.

Pelaksanaan Kongrea INACID/KNI-ID dimulai dengan sambutan rektor Unila yang diwakilkan oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof Drs Suharno MSc PhD dan dibuka secara resmi oleh Dirjen Sumberdaya Air, Ir Jarot Widyoko Sp-1.

“Semoga Kongres INCID/KNI-ID 2021 memberi kontribusi berharga bagi kemaslahatan masyarakat Indonesia”, ujar Prof Suharno. Dalam kesempatan yang sama, Ir Jarot Widyoko juga menyebutkan bahwa KNI-ID diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam pengelolaan sumber daya air khususnya pengembangan dan pengelolaan irigasi, drainase dan lahan sehingga mampu menjadi jawaban dari tantangan sumber air di masa mendatang untuk kemajuan irigasi dan pertanian di Indonesia.

Dalam webinar kongres INACID/KNI-ID ini dihadirkan beberapa pembicara yaitu  Em Prof Dr Ir Bart Schultz dari UNESCO IHE institute for Water Education Water Science and Engineering, Prof Dr Ir Budi Santoso Wignyosukarto, Dip HE dari Departemen Teknik Sipil dan lingkungan FT UGM, Erwin Noorwibowo STP, selaku Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan, Ditjen PSP, Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Klinik Pertanian Keliling FP Unila, Dukung Program Petani Lampung Berjaya

Hadir pula Deputi Perencanaan dan Kerja Sama Badan Restorasi Gambut Dr Budi Satyawan Wardana, Direktur Pengembangan Pembiayaan DJPI Kementerian PUPR Ir. Herry Trisaputra Zuna MT, Mantan Kadis Pertanian Matauke Edi Santoso, Frans Dantje selaku Off Taker Merauke Integrated Food Estate dan Sukarto dari Topi Koki Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun pembahasan dalam webinar tersebut adalah beberapa tantangan kedepan adalah bagaimana meningkatkan efisiensi penggunaan air irigasi serta menjaga dan meningkatkan nilai tukar petani diatas 100.

Baca Juga: 5 Aplikasi Startup Pertanian Populer di Indonesia Tahun 2021

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pengurus KNI-ID yang digawangi Ir Adang periode 2017-2020 atas semua sumbang saran, pemikiran dan tenaga untuk organisasi ini. Semoga pengurus terpilih mampu membawa KNI-ID selalu terdepan dalam pengembangan irigasi pertanian di Indonesia”, kata Ir Jarot.

Pengurus baru KNI-ID juga diharapkan mampu aktif menyelenggarakan kegiatan yang bersifat ilmiah ataupun praktikal sehingga KNI-ID yang sudah berumur 71 tahun dapat terus menancapkan kiprahnya dalam pengembangan irigasi pertanian di Indonesia. Kongres INACID/KNI-ID dilanjutkan dengan penjelasan terkait pelaksanaan prakongres, pemebentukan komisi A,B, C dan pelaksaan rapat komisi tentang pemilihan pimpinan komisi A,B,C. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here