Home Kampus UNPAD Gelar Lomba Instalasi Aquaponik, Tim dari Universitas Jember Jadi Juara

UNPAD Gelar Lomba Instalasi Aquaponik, Tim dari Universitas Jember Jadi Juara

UNPAD Gelar Lomba Instalasi Aquaponik

Agrozine.id – Belakangan ini tengah populer mengenai aquaponik. Hal itu sejalan dengan perkembangan yang pesat di perkotaan yang berdampak semakin sedikit lahan pertanian yang dikembangkan dan maraknya pembangunan kota. Itulah yang mendorong IAAS LC Universitas Padjajaran (Unpad) menggelar lomba instalasi aquaponik.

Lomba yang bertajuk “Aquaponic from Home Competition (AFHC) 2020” diselenggrakan pada 18 November lalu. Lomba ini mendorong peserta menciptakan kreasi instalasi akuaponik seminimal dan sepraktis mungkin.

Baca Juga:
Tips Sukses Budikdamber Ikan dan Kisah Awalnya Oleh Juli Nursandi 

Kegiatan lomba ini mengusung tema “Aquaponics System for Encouraging Teenagers to be Millennial Farmer With Organical Agriculture Concept”. IAAS LC Unpad memiliki tujuan untuk mengajak generasi milenial untuk menjadi petani dengan menerapkan sistem pertanian akuaponik. Dengan demikian, ketahanan pangan keluarga selama pandemi dapat meningkat.

Meski akuaponik diinstalasi seminimal mungkin, IAAS LC Unpad tetap menekankan aspek keindahan, kebermanfaatan, serta ramah lingkungan.

Karena dilaksanakan secara daring, adapun teknis lomba instalasi aquaponik Unpad yaitu peserta akan mengirimkan proposal lomba. Pada tahap selesi pertama ini dipilih 10 kontestan terbaik untuk dapat mengukuti seleksi selanjutnya.

Lalu, pada tahap seleksi kedua, kontestan diminta untuk merealisasikan instalasi akuaponik sederhana sesuai dengan yang telah dirancang di proposal. Penilaian tahap 2 berlangsung pada 5 Oktober hingga 5 November lalu.

Selain merealisasikan instalasi yang sudah dirancang, partisipan juga diimbau untuk melakukan budidaya sayur dan ikan. Setiap kontestan wajib melakukan pengamatan terhadap pertumnbuhan dua komoditas tersebut.

Pengumuman lomba instalasi aquaponik dilaksanakan pada 18 November lalu. Berikut ini adalah pemenang dari lomba Aquaponic from Home Competition (AFHC) 2020 yaitu, tim Family Aquaponics System dari Universitas Jember berhasil meraih juara pertama, disusul tim Aquaponics Nutrient Flow Technique System dari Unpad meraih juara kedua, dan tim Aquaponik Galon Vakum dari Universitas Winaya Mukti meraih juara ketiga. (ran)

 

Tonton Video Menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here