Home Kampus Unpas: Kembangkan Hutan Pendidikan, Jaga Lingkungan Tetap Lestari

Unpas: Kembangkan Hutan Pendidikan, Jaga Lingkungan Tetap Lestari

Hutan Pendidikan

Agrozine – Universitas Pasundan (Unpas) Bandung siap mengembangkan wilayah Posko Citarum Harum Sektor 21 di Cimahi Utara sebagai Hutan Pendidikan. Lahan seluas 5 hektare ini juga akan dikembangkan sebagai kawasan Hutan Kota dan Hutan Wiraswasta oleh Unpas bersama perguruan tinggi lain. Pada Senin (29/6), dihelat kegiatan Diskusi Panel “New Normal: Jaga Alam dan Lingkungan Tetap Lestari” yang dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Pasundan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom di Posko Citarum Harum 21, Cimahi Utara.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Kasdam Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudradjat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Wakil Rektor I Unjani, serta Dr. Eki Baehaki dari Duasatu Kehati Foundation. Rektor Unpas mengatakan, pihaknya telah merintis Hutan Pendidikan sejak 2014 di hulu Citarum tepatnya di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung bersama LSM Wahana Raksa Citarum.

Pihak Universitas Pasundan telah membentuk Desa Binaan dan menanam sekitar 32.000 bibit alpukat pada kawasan tersebut. Bibit yang ditanam berasal dari biji yang dikumpulkan oleh mahasiwa baru Unpas, dan telah tumbuh menjadi pohon pelindung. “Mahasiswa baru Unpas setiap tahunnya antara 4500 sampai 5000 orang. Mereka diwajibkan membawa lima biji alpukat per mahasiswa untuk disemaikan di daerah itu,” ujar Rektor Eddy.

Eddy menambahkan, kontur tanah di kawasan tersebut subur namun hanya ditanami sayur mayur, sehingga bila hujan datang sering terjadi erosi dan menyebabkan sedimentasi di Sungai Citarum. Keberhasilan di Sektor I kemudian akan ditindaklanjuti oleh Unpas di Posko Sektor 21 dan dinamai Hutan Kehati. Lahan milik Pemkot Cimahi tersebut beberapa waktu lalu ditanami bibit tanaman penghijauan oleh prajurit Siliwangi bersama masyarakat dan Satgas Citarum Harum.

Eddy menjelaskan, Unpas bertekad memaksimalkan peran sertanya dalam program Citarum Harum dan mengembalikan kejayaan Citarum sebagai sumber peradaban manusia. Sebagai Ketua Aptisi Jawa Barat, Eddy mengatakan sebanyak 378 perguruan tinggi di Jawa Barat telah memiliki daerah binaan masing-masing di setiap Sektor Citarum Harum. Sejak tahun 2007, dinyatakan sebagai sungai yang mengandung polutan tinggi di dunia. “Unpas ikut terpanggil untuk mengembalikan Citarum pada kejayaannya dulu dengan menanam pohon pelindung di kawasan hutan Posko Sektor 21 ini,” pungkasnya. (rin)

Dilansir dari siaran pers Unpas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here