Home Peternakan Warga Grobogan Ini Berhasil Menangkarkan Burung Merak Hijau dan Rusa Timor

Warga Grobogan Ini Berhasil Menangkarkan Burung Merak Hijau dan Rusa Timor

menangkarkan burung merak hijau

Agrozine.id – Beni Agil Kusuma Putra yang kerap disapa Agil kelahiran Grobogan, 28 Agustus 1995 memiliki penangkaran burung merak hijau dan rusa Timor yang bernama Mini Zoo Geyer yang terletak di Desa Geyer, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. Berawal dari hobi memelihara burung kemudian mencoba untuk memulai mendirikan penangkaran burung merak hijau yang sampai sekarang sudah berjalan 5 tahun. Selain menangkarkan burung merak hijau, Agil juga menangkarkan rusa Timor yang sudah berjalan selama 1 tahun.

Latar belakang untuk mendirikan penangkaran burung merak hijau dan rusa Timor karena keresahannya terhadap hewan-hewan yang terancam punah. “Untuk penangkaran merak, terutama untuk di Jawa Tengah itu sangat minim dan bisa dikatakan terhitung, populasinya pun sudah masuk Appendix II. Dari sisi itulah kita ada motivasi ingin mengembangbiakkan jenis merak hijau (Pavo muticus), “ jelas Agil. Alasannya tersebut juga berlaku untuk penangkaran rusa Timor.

menangkarkan Rusa Timor
Rusa Timor yang ada di MIni Zoo Geyer

Mengajukan perijinan untuk penangkaran Agil harus memenuhi syarat dari BKSDA. “Ada syaratnya kita harus punya ijin yang memenuhi. Dan itu ijin keluar kita harus punya kandang yang sudah ada aturannya dari pihak BKSDA ,” ujar Agil.

Baca Juga : Cara Menangkarkan Merak Hijau

Kemudian, untuk burung merak hijau yang ditangkarkan juga harus sesuai aturan BKSDA untuk generasi dari alam  (F0) sampai generasi kedua (F2) bisa distatuskan hibah. Sedangkan untuk rusa Timor agar bisa dikembangkan dan dimanfaatkan syaratnya harus dari generasi kedua (F2).

” Untuk pegurusan perijinan berawal kita konsultasi ke BKSDA setempat, setelah itu nanti kita diarahkan dari pihak BKSDA setempat disurvey, kalau setelah itu kita dapat rekomendasi BKSDA Jawa Tengah, Semarang tempatnya, setelah rekomendasi keluar baru kita ke pusat untuk mendapatkan ijin penangkaran dan perolehan induk,” jelas Agil soal perijinan untuk mendirikan penangkaran hewan yang dilindungi. Selain menangkarkan burung merak hijau dan rusa Timor, di Mini Zoo Geyer juga menangkarkan burung nuri dan burung kakatua.

menangkarkan burung merak hijau
Burung Merak Hijau yang ada di Mini Zoo Geyer

Agil sekarang memiliki 40 sampai 50 ekor merak hijau, namun sebagian sudah diperjualbelikan. Rusa Timor yang bermula dari 10 ekor rusa yang terdiri dari 5 betina dan 5 pejantan, sekarang sudah bertambah menjadi 15 ekor rusa Timor.

Merak hijau hasil dari penangkaran Mini Zoo Geyer saat ini hanya dipasarkan di Indonesia. “untuk saat ini hanya area Indonesia saja, kalau ke luar negeri masih banyak pasaran yang belum terpenuhi,” terang Agil. Merak hijau biasanya dijual secara online namun tidak jarang ada pelanggan yang datang ke penangkaran, tetapi rata-rata penjualan dilakukan secara online.

Masalah yang dihadapi Agil untuk penangkaran ini yaitu pada saat memasuki musim pancaroba menyebabkan penuruan imun pada merak hijau, sehingga Agil harus ekstra mengamati karakter hewan. Dengan pengamatan tersebut, Agil bisa membedakan merak yang sehat atau sakit. Solusi untuk masalah tersebut Agil memberikan vaksin kepada hewan yang ada dipenangkarannya dilakukan 3-4 bulan sekali. Selain itu,jika ada hewan yang berkelahi satu sama lain membuat  hewan yang dirasa sebagai pemicu perkelahian harus dipisahkan dari koloni. ­Selain duka yang dihadapi, Agil juga merasa senang ketika hewan yang ditangkarkannya sehat dan dapat berkembang biak dengan baik, ungkap Agil.

Agil berharap agar bisa memotivasi semua orang agar bisa menjaga dan melestarikan hewan-hewan, terutama hewan yang dilindungi, agar tidak punah dan bisa dilihat generasi selanjutnya. Agil berpesan kepada masyarakat yang ingin menangkarkan burung merak hijau dan rusa Timor agar tidak takut untuk melakukannya  dan juga bisa berkonsultasi kepada BKSDA setempat agar diarahkan. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here