Home Perikanan Wittaya Aqua : Teknologi Perikanan Ramah Lingkungan

Wittaya Aqua : Teknologi Perikanan Ramah Lingkungan

Agrozine.id – Teknologi akuakultur yang semakin berkembang pesat membuat pemerintah menaruh perhatian pada pengembangan teknologi untuk mendorong transparansi rantai pasokan, sambil meningkatkan hasil panen dan menurunkan biaya produksi. Disinilan Startup manajemen pertanian asal Kanada, Wittaya Aqua berperan.

Evan Hall, seorang aggota kelompok Grow-Akselarator AgFunder dan Rocket Seeder membangun sebuah startup bernama Wittaya Aqua yang berbasis di Singapura. Startup ini adalah platform digital untuk operasi akuakultur yang dapat membantu petani menangkap,memvisualisasikan dan menganalisis data produksi.

Melalui Wittaya Aqua, petani dapat mendapat akses ke model pertumbuhan yang lebih cepat dan baik. Wittaya menawarkan perangkat lunak untuk memperkirakan biomassa, berat badan dan investasi secara akurat yang memungkinkan perencanaan panen dan memaksimalkan hasil.

Melalui Wittaya, juga dapat disarankan formulasi pakan yang sesuai untuk kondisi produksi tertentu. Melalui wawasan data nutrisi yang disediakan perangkat lunak Wittaya, produsen pakan dapat memastikan bahwa produk mereka memenuhi persayaratan nutrisi dengan biaya yang rendah.

Dari sudut pandang perlindungan lingkungan, perangkat lunak Wittaya dapat memprediksi dampak keputusan produksi pada ekologi sekitarnya dan meminimalkan dampak lingkungan, membuat kepatuhan terhadap peraturan menjadi lebih mudah. Masalah kepatuhan peraturan lingkungan akan mendapat sorotan lebih besar di tahun-tahun mendatang, baik dari pemerintah maupun konsumen.

Daya tarik dari startup ini adalah mengutamakan peraturan lingkungan dalam prosesnya. Dengan 80% produksi akuakultur berasal dari Asia tambak skala kecil dan menengah membutuhkan alat yang terjangkau dan efektif seperti Wittaya untuk memastikan peningkatan produksi yang berkelanjutan, peningkatan efisiensi tambak dan pencegahan wabah penyakit secara proaktif.

Evan selaku pendiri Wittaya mengatakan bahwa membangun startup ini merupakan tugas besar baginya dan rekan karena bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran tahun 2020 dan mendapatkan pangsa pasar secepat mungkin. “Untuk itu kami sedang bekerja kera untuk meluncurkan fitur-fitur baru yang bisa membantu meningkatkan kinerja penjualan”, ujar Evan.

Namun diakui Evan bahwa sebagai pendatang baru di dunia perusahaan perintis, tentu akan banyak pesaing yang menghadangnya. Namun menurutnya pesaing di seluruh ekosistem yang sedang berkembang ini akan menghabiskan tahun ini baik datang dengan Wittaya Aqua dalam kelompok kolaboratif atau berjalan sendiri-sendiri dan saling menjatuhkan. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here