Home Pertanian Yuk, Budidaya Bayam Merah di Rumah !

Yuk, Budidaya Bayam Merah di Rumah !

budidaya bayam merah

Agrozine.id – Budidaya bayam merah di rumah. Bayam merah atau Amaranthacea gangeticus mungkin tidak populer di masyarakat, jika dibandingkan dengan bayam hijau. Masih jarang orang yang membudidayakan bayam merah. Tapi siapa sangka, bayam merah ternyata sangat bergizi. Bayam merah mengandung banyak serat, zat besi, hingga antioksidan yang tentu berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa kandungan protein, kalsium, dan zat besi yang ada pada bayam merah lebih tinggi dari bayam hijau. Bayak merah yang semakin tua maka kandungan zat besinya semakin tinggi. Beberapa manfaat lain dari bayam merah yaitu, mengatasi anemia, mengendalikan kolesterol dan gula darah, serta menyehatkan saluran pencernaan.

Buat kamu yang penasaran, yuk kita intip bagaimana budidaya bayam merah di rumah !

Persiapan lahan tanam

Sebelum melakukan budidaya bayam merah, hal yang harus diperhatikan adalah mengenali syarat tumbuh. Bayam merah tumbuh baik pada suhu 16 hingga 20 derajat Celcius.

Tanah yang digunakan untuk menanam harus subur dengan pH tanah 6-7. Tanah digemburkan dan diberi pupuk kandang. Sebelum bayam merah siap ditanam, setiap 2 minggu sekali dilakukan penyiraman dan pemupukan.

Penyemaian benih

Selanjutnya yang perlu disiapkan ketika melakukan budidaya bayam merah di rumah adalah benih bayam merah. Kamu bisa mendapatkanya di toko pertanian. Pastikan kondisi benih baik dan kering.

Lalu, siapkan media semai seperti tray semai atau bisa dengan polybag. Isi dengan campuran tanah, pupuk organik, sekam dengan perbandingan 2:1:1. Lalu, sebarkan benih pada media tanam, tutup dengan tanah secara tipis saja, dan letakkan pada tempat yang teduh. Lakukan penyiraman setiap 2 kali sehari.

Penanaman 

Setelah benih bertunas dan berukuran 3-6 cm maka benih siap di tanam pada polybag yang lebih besar atau bedengan. Sebelumnya buat lubangan terlebih dahulu untuk menanam benih. Lalu, pindahkan benih dengan hati-hati.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Aglonema Menggunakan Biji

Perawatan bayam merah

Setelah bayam merah ditanam. Yang harus kamu lakukan adalah melakukan perawatan yaitu dengan penyiraman dan pemupukan secara teratur. Penyiraman dilakukan setiap 2 kali sehari, dan pemupukan setiap 2-3 minggu sekali. Jangan lupa lakukan penyiangan juga.

Baca Juga : Tips Cara Memelihara Marmut

Panen bayam merah

Bayam merah membutuhkan waktu panen 20-25 hari sejak ditanam. Cara memanennya cukup mudah, kamu bisa langsung mencabutnya hingga akar atau bisa dipetik daunnya saja.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Puyuh Agar Omset Tinggi

Itulah cara budidaya bayam merah yang mudah. Kamu bisa langsung mempraktekkannya di rumah lhoo. (Ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here