Home Pertanian Yuk Kenali Jenis-Jenis Beras, Kandungan dan Kegunaannya

Yuk Kenali Jenis-Jenis Beras, Kandungan dan Kegunaannya

Agrozine.id – Beras merupakan kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat dunia. Di Indonesia, beras menjadi makanan pokok yang harus dikonsumsi setiap hari. Kali ini Agrozine akan merangkum, jenis-jenis beras, kandungan dan kegunaannya untuk anda.

Beras putih umumnya lebih dikenal masyarakat dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Beras putih juga dikenal memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan beras lainnya. Berikut adalah jenis-jenis beras yang harus kita ketahui:

1.Beras Putih

Beras putih lebih terkenal dibandingkan jenis beras lainnya. Beras ini dikenal memiliki rasa yang lebih enak dan kandungan serat yang lebih sedikit daripada jenis beras lainnya.

Mengkonsumsi beras putih dapat mencegah penggumpalan darah, mencegah kanker, mencegah penyakit saraf otak dan baik  untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu beras putih juga dapat digunakan untuk kecantikan, mulai dari mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan dan memutihkan sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

2.Beras Merah

Selain beras putih, beras merah juga merupakan beras yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Warna merah dalam beras merah dihasilkan oleh kandungan gen antosianin. Beras merah kaya serat dan  memiliki kandungan zat besi, antioksidan dan vitamin B6.  Kandungan glikemiks yang rendah dalam beras merah menjadikan beras ini cocok dijadikan sebagai makanan diet.

Namun jika dibandingkan dengan beras putih, beras merah memiliki tekstur yang lebih kasar sehingga waktu dieprlukan waktu yang lebih lama untuk memasaknya. Selain itu beras merah juga lebih cepat basi dan harganya lebih mahal.

3. Beras Hitam

Beras hitam termasuk ke dalam golongan beras yang langka dan memiliki harga jual yang mahal. Beras ini memiliki kandungan vitamin E yang tinggi sehingga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tuhuh dan menangkal radikal bebas. Beras hitam memiliki kandungan nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan jenis beras lainnya yang membuat harganya juga lebih mahal. Selain kandungan vitamin E, beras hita juga memiliki kandungan zat antinflamasi dan antioksidan yang jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah penuaan dini.

4. Beras Cokelat

Beras cokelat adalah beras yang diproses dengan menghilangkan kulit padinya saja. Beras ini memiliki tekstur yang kasar dan berwarna cokelat kusam, namun memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan beras putih. Beras cokelat memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga memiliki indeks glikemiks yang rendah.

Selain itu, beras cokelat juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti vitamin, mineral, fitonutrien dan lemak esensial. Mengonsumsi beras cokelat dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker, mencegah diabetes dan lemak esensialnya dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

5.Beras Ketan

Beras ketan terdiri dari dua warna yaitu ketan putih dan ketan hitam. Berbeda dengan jenis beras lainnya , beras ketan digunakan sebagai bahan kue. Beras ketan memiliki tekstur lengket dan rasanya gurih jika sudah dimasak. Beras ketan memiliki manfaat untuk kesehatan seperti menstabilkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi otak.

Itulah jenis-jenis beras, kandungan dan kegunaannya yang perlu kita ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here