Home Kampus Yunus Arif Frayoga : Kerjasama Tim Untuk Mencapai Tujuan Pekerjaan

Yunus Arif Frayoga : Kerjasama Tim Untuk Mencapai Tujuan Pekerjaan

Agrozine.id – Dalam artikel ini kita akan mengenal sosok Yunus Arif Frayoga, lulusan Fakultas Kehutanan IPB University yang kini bekerja sebagai Kepala Afdeling di PT Jaya Agra Watitie Tbk, Jawa Tengah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan karet.

Yunus, pria kelahiran 21 Juni 1997 ini menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Kehutanan IPB University pada Januari 2020 lalu. Setelah wisuda ia mulai mencoba mencari-cari pekerjaan dan seperti kebanyakan orang yang ingin bekerja sesuai latar belakang pendidikan, hal itu juga yang dirasakan Yunus.Kemudian ia mencoba melamar di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan hingga pada Maret 2020 lalu ia dipanggil oleh PT Jaya Agra Watitie Tbk.

“Maret aku dipanggil, waktu itu ujiannya di Jakarta dan ngga lama setelah itu keterima dan ditempatkan di tempat yang sekarang ini”, kata Yunus.

Awal bekerja Yunus menjalani masa On Job Training (OJT) selama tiga bulan pertamanya dan kemudian pada Juli 2020 ia resmi naik jabatan menjadi kepala Afdeling dan menjadi pimpinan untuk beberapa staf karyawan dan mandor di lingkup kerjanya.

“Ya selama OJT banyak yang dikerjain, banyak belajar dari yang udah duluan punya pengalaman disini dan terakhir bulan Juli kemarin udah jadi karyawan tetap dan punya tim sendiri. Nah aku yang mimpin tim itu”, ujarnya.

Dikatakan Yunus bahwa meski memiliki hubungan yang erat antara teori yang ia pelajari selama kuliah dengan pekerjaannya saat ini, namun ternyata kondisi real di lapangan tidak bisa disamakan dengan sekedar teori saja.

“Ada beberapa mata kuliah seperti konservasi dan budidaya hutan (silvikultur) itu sebenarnya berkaitan dan sangat membantu di pekerjaan saat ini. Tapi ya lagi-lagi kondisi di lapang tidak bisa disamakan dengan teori terutama untuk konservasinya, karena ada aja yang tidak sesuai. Makanya harus banyak-banyak belajar juga dari orang-orang yang lebih senior di bidangnya. Kalau mau kompeten ya harus gitu”, kata Yunus.

Terhitung sudah 6 bulan Yunus bekerja di PT Jaya Agra Watitie Tbk dan hampir 3 bulan ia menjalankan kewajibannya sebagai Kepala Afdeling Perkebunan, banyak kesulitan yang ia alami di awal-awal termasuk dalam hal manajemen tim. “Kerjasama tim itu perlu untuk menyelesaikan tugas, dan yang paling sulit dilakukan selama jadi kepala afdeling ini adalah manajemen tim”,katanya.

Selain memandu dalam kegiatan lapangan, Yunus juga mengerjakan tugas administrasi terkait dengan anggota timnya. Dikatakan Yunus meski baru pekerjaan pertama setelah ia lulus kuliah, namun banyak hal yang ia pelajari terutama dalam hal kerjasama tim dan koordinasi untuk mencapai tujuan pekerjaan. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here