Home Pet 6 Cara Mudah Budidaya Burung Merpati Kipas

6 Cara Mudah Budidaya Burung Merpati Kipas

cara budidaya burung merpati kipas

Agrozine.id – Merpati kipas merupakan jenis burung hias yang cukup populer karena memiliki penampilan yang unik, menarik, dan bulu yang indah. Burung Merpati ini disebut sebagai merpati kipas karena ekornya yang serupa dengan bentuk kipas. Tak jarang burung ini dibudidayakan untuk diperjualbelikan dengan harga yang cukup mahal. Nah, jika kamu tertarik juga untuk membudidayakannya, sebelumnya simak terlebih dahulu cara budidaya burung merpati kipas di bawah ini ya.

Gambar Burung Merpati Kipas (Merpati Hias) | Gambar Foto Burung ...

Cara Budidaya Burung Merpati Kipas

Sebenarnya budidaya merpati kipas ini caranya hampir sama dengan merpati jenis lainnya. Caranya yang cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang banyak, cocok dijadikan sebagai bisnis.

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu perhatikan:

  1. Persiapan Kandang

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah persiapan kandang. Terdapat beberapa sistem kandang yang dapat digunakan untuk membudidayakan burung merpati kipas ini, yaitu:

  • Kandang baterai: Kandang khusus adalah tahap awal sebagai cara budidaya burung merpati kipas, ini dibuat untuk sepasang burung merpati hias dengan ukuran minimal 90x50x50. Kandang ini memiliki kelebihan yakni bisa lebih menghemat tempat sebab bisa disusun, mempermudah pengontrolan ketika ada merpati hias yang sakit, menghindari selingkuh antar pasangan dan tidak bertengkar dengan pasangan lain.
  • Kandang koloni: Kandang koloni merupakan kandang berukuran besar sehingga semua burung merpati hias bisa dipelihara dalam satu kandang saja. Kelebihan dari sistem kandang ini adalah lebih efisien dalam segi waktu dan juga menghemat tenaga dalam perawatan.
  • Kandang umbaran: Sistem kandang umbaran adalah budidaya merpati hias dengan cara dilepas pada alam terbuka. Kelebihan dari sistem kandang ini adalah bisa lebih menghemat pakan dan tenaga.
  1. Memilih Indukan

Untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas, maka cara budidaya burung merpati kipas fase ini harus dipilih guna menentukan indukan yang unggul dengan ciri-ciri yaitu:

  • Indukan yang sehat dan bebas dari penyakit
  • Bulu-bulunya halus, bersih, dan rapi
  • Bagian sayapnya tidak turun atau melor
  • Burung sedikit agresif jika dipegang
  1. Pemberian Pakan dan Minum

Hal penting yang harus dilakukan dalam melakukan perawatan bururng merpati yaitu, beri pakan dan minum secara teratur. Kamu bisa memberinya pakan berupa kacang hijau, milet, godem, beras, dan jagung. Tak ketinggalan dengan pemberian minum sebanyak dua kali dalam sehari.

  1. Proses Perjodohan

Ini adalah cara budidaya burung merpati kipas paling penting, perjodohan menjelang kawin. Caranya, masukkan kedua indukan ke dalam kandang yang sama. Tutup kandangnya pada malam hari untuk mempercepat proses perjodohan.

Kemudian pada pagi harinya, mandikan kedua indukan burung merpati kipas, dan jemur dibawah sinar matahari langsung.

  1. Proses Perkawinan

Setelah indukan berjodoh, burung merpati kipas akan melangsungkan perkawinan. Sebaiknya sediakan ranting kayu kecil, jerami, dan daun-daun kering agar bisa dijadikan sarang untuk bertelur.

Setelah proses perkawinan berlangsung, Merpati Kipas akan mengeluarkan telur sebanyak 1 hingga 2 butir telur. Setelah dierami selang waktu 18 hari telur akan menetas.

  1. Perawatan Piyik

Selama 6-7 minggu, piyik atau anakan merpati kipas akan diloloh oleh induknya. Berikan nutrisi tambahan agar piyik dapat tumbuh dengan baik, dan ini adalah cara budidaya burung merpati kipas yang juga sangat diperhatikan.

Untuk mempercepat produksi indukan, kamu dapat melakukan perawatan piyik terpisah saat mulai berumur 2 minggu.

Demikianlah cara budidaya merpati kipas yang mudah dilakukan. Apakah kamu sudah memutuskan untuk membudidayakannya? Semoga berhasil ! (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here