Home Pertanian Apa Itu Kostratan? Komando Strategis Pembangunan Pertanian

Apa Itu Kostratan? Komando Strategis Pembangunan Pertanian

Agrozine.id – Apa itu kostratani? Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) merupakan sebuah terobosan baru dari kementerian pertanian yang bertujuan untuk mendorong keberhasilan pembangunan pertanian. Menteri Pertanian menyebutkan bahwa kostratani akan menjadi gerakan pembaharuan pertanian yang dimulai dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat  kecamatan untuk mengoptimalkan fungsi dan tugasnya dalam pembangunan pertanian dengan memanfaatkan teknologi untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Kostratani memiliki peran sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat komunikasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan pertanian.

Kostratani dibentuk sebagai garda terdepan dalam pembangunan pertanian di Indonesia yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung khususnya IT. Dalam hal ini kostratani akan menjadikan BPP sebagai pusat pembangunan pertanian yang melibatkan seluruh pertanian dalam lingkup kecamatan.

Adanya Kostratani membuat simpul koordinasi menjadi lebih baik dalam pembangunan pertanian di daerah. Kostratani merupakan program utama Kementerian Pertanian untuk membuat single data dan pusat pembangunan pertanian.

Menteri pertanian mengatakan bahwa kostratani merupakan proyek jangka panjang yang sudah dilengkapi dengan sistem artificial intelligence atau  kecerdasan buatan untuk membangun pertanian sampai sudut pinggiran.

Lewat gerakan kostratani nantinya BPP akan memotret data lapangan untuk memperkuat basis data pertanian yang nantinya akan dijadikan sebagai baseline data untuk membangun sektor pertanian. Selain itu adanya gerakan kostratani juga diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan kapasitas penyuluh BPP dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Dengan adanya kostratani nantinya akan dapat dipantau keadaan pertanian di setiap wilayah di Indonesia dan datanya akan tersambung langsung dengan pusat. Dengan demikian dapat dibuat perencanaan pengembangan pertanian ke depan melalui data yang diperoleh saat ini melalui kostratani.

Kostratani merupakan kerja sama antara kementerian pertanian dengan kementerian dalam negeri dan nantinya akan dibangun Agriculture War Room dan Agricultural Operation Room sebagai pusat data dan informasi yang dapat diterima secara real time.

Terakhir,sudah terjawab apa itu kostratani. Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian sebagai proyek utama kementerian pertanian ini juga bisa dimanfaatkan petani untuk mengakses informasi dan akses permodalan dan dibimbing sampai ke tahap pemasaran hasil panen sehingga  petani dapat meraih keuntungan maksimal dari hasil pertaniannya. (ira)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here