Home Perikanan Mengenal Ikan Hiu Zebra yang Ramah dan Bersahabat

Mengenal Ikan Hiu Zebra yang Ramah dan Bersahabat

ikan hiu zebra

Agrozine.id – Di seluruh perairan dunia, tercatat ada sekitar 440 spesies ikan hiu. Salah satu jenis ikan hiu yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah ikan hiu zebra. Dibandingkan dengan jenis lainnya, ikan hiu zebra ini dikenal ramah dan tidak berbahaya. Ikan hiu jenis ini lebih suka berdiam didasar laut dan tidak agresif sehingga para penyelam bisa mendekatinya dengan mudah.

Ikan hiu zebra (Stegostoma fasciatum) dapat ditemukan di perairan Indo-Pasifik. Penyebaran hiu zebra cukup luas, yaitu seperti di laut Afrika, laut Merah, Teluk Persia, perairan madagaskar, perairan Asia Tenggara, dan juga perairan Australia utara. Bahkan, ikan ini juga terdapat di perairan Indonesia. Biasanya, ikan hiu zebra banyak dimanfaatkan manusia sebagai tokoh atraksi wisata bawah laut karena sikapnya yang ramah dan bersahabat.

Habitat hiu zebra ini berada di kedalaman hingga 60 meter. Jenis hiu ini juga senang berada dilautan yang berpasir dan memiliki terumbu karang. Hiu zebra adalah binatang nokturnal yang aktif mencari mangsa dimalam hari. Makanan utama hiu zebra adalah ikan-ikan kecil, selain itu mereka juga aktif memburu ular laut dan binatang moluska seperti cumi-cumi, siput, kerang dan kepiting.

Dikutip dari liputan6.com (28/08/2020), hiu zebra ini ditemukan oleh ilmuwan Australia Dr William White dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) di Hobart, Tasmania, Australia, dan Dr Christine Dudgeon dari University of Queensland, Brisbane.

Wajib Tahu! Jenis-Jenis Hiu yang Ada di Dunia - Blog Unik

Hiu ini diberi nama hiu Zebra karena garis pada tubuhnya yang mirip garis zebra. Saat usianya menginjak satu bulan, garis-garis itu berubah menjadi corak titik, dan disebut fase leopard. Oleh sebab itu, hiu ini terkadang disebut sebagai hiu macan tutul, nama yang secara luas merujuk pada Triakis semifasciata. Menurut Dudgeon, hiu ini merupakan spesies hiu yang mengalami perubahan pola kulit paling dramatis, bahkan mengalahkan hiu bambu yang berubah dari garis-garis ke abu-abu seluruhnya.

Selain coraknya, ikan hiu ini memiliki sirip yang panjang yang ukurannya sama dengan tubuh mereka. Tubuhnya yang berukuran kecil memungkinkan mereka untuk menyusup ke sela-sela karang untuk memburu ikan-ikan kecil yang bersembunyi di lubang-lubang karang. (ran)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here