Home Tanaman Hias Tips Dekorasi Tanaman Hias di Teras Rumah

Tips Dekorasi Tanaman Hias di Teras Rumah

Tips Dekorasi Tanaman Hias 1

Agrozine.id – Teras rumah merupakan area yang sangat mencerminkan karakter pemilik rumah. Di tempat ini, kamu bisa meletakan berbagai dekorasi sesuai dengan hobi kamu entah itu barang antik atau tanaman hias.Untuk kamu yang suka tanaman hias, perlu banget nih mengetahui tips dekorasi tanaman hias di teras rumah agar enak dipandang.

Tips Dekorasi Tanaman Hias 1

Meletakan tanaman hias sembarangan, bukan hanya membuat mata jenuh, tetapi juga sebagai faktor yang menentukan karakter kamu di mata tamu. Jangan sampai karena tidak sadar dengan tips dekorasi tanaman hias di teras rumah kamu dicap jorok oleh tamu apalagi tetangga.

 

Rak kayu empat tingkat

Pada dinding teras rumah kamu bisa meletakan rak kayu tingkat empat. Kamu bisa memesan atau beli furniture yang sudah jadi. Pastikan, ukurannya sesuai dengan lebar dari dinding teras rumah kamu dan tidak menghalangi jendela rumah ya.

Tips Dekorasi Tanaman Hias 1

Untuk pemilihan warna, sesuaikan dengan warna yang sudah ada di fasad rumah ya. Kalau kamu ga mau ambil pusing, bisa pilih warna netral seperti hitam, putih, coklat, atau warna alami dari kayu itu sendiri.

 

Setelah rak tanaman sudah siap, kamu bisa mulai membeli tanaman hias beserta pot yang unik, entah dari segi warna atau bentuk ya. Untuk corak dan warna yang beragam, kamu bisa menemukan banyak pilihan di pot terakota. Fokus pada tanaman rak di atas, kamu bisa memilih jenis syngonium pixie atau syngonium mango. Syngonium ini cukup unik dari segi corak dan warna. Pastinya, perawatannya pun mudah.

 

Lanjut rak kolom kedua dari atas, kamu bisa banget nih pakai peperomia watermelon atau atau napoli light. Kalau di atas sudah pakai pot terakota, kamu bisa memilih pot anyaman atau keranjang sebagai outer dari pot plastik nih. Selain ada peperomia alias karet kebo, kamu juga bisa masukan calathea levonero atau crimson. Selain itu, kamu juga bisa meletakan monstera adansonii atau janda bolong. Kamu bisa memilih jenis variegata lokal atau Jepang ya, sesuaikan dengan budget kamu.

 

Pada kolom ketiga, kamu bisa menggunakan campuran warna fittonia dalam satu pot yang besar.

Bila suka sukulen, kamu juga bisa mencampurnya di kolom yang sama dengan fittonia. Apalagi, sukulen kamu berbentuk terrarium.

 

Khusus rak paling bawah, kamu bisa menggunakan karet kebo atau peperomia raindrop. Di sisi lainnya, sansevieria futura robusta dan sansevieria golden hahnii bisa menjadi pilihan dan kamu juga bisa meletakkan kedua jenis tanaman ini dalam satu pot.

 

Sudut teras standing rak dan pot keramik

Di sudut teras, kamu bisa menggunakan standing rak atau pot keramik. Bahkan, kamu bisa mencoba perpaduan keduanya. Kamu bisa menggunakan pot keramik sebagai luaran dari pot plastik. Hal ini mencegah akar tanaman merusak langsung pot keramik. Pastikan, ada jarak antara pot plastik dan keramik.

 

Untuk tanaman, kamu bisa menggunakan jenis aglaonema pride of sumatera atau philodendron ring of fire bila ada uang yang lebih. Setelah menggunakan tanaman yang besar, kamu bisa memilih tanaman pemanis pada standing rak seperti scindapsus silver splash, syngonium three kings, atau philodendron burle marx variegata. Bila bosan, kamu bisa memilih jenis kaktus mini Ariocarpus dan Mammillaria elongata var. intertexta.

 

Meja dan bangku

Sebagai tambahan, bila teras kamu cukup luas bisa menggunakan meja dan bangku. Pastikan model meja yang kamu gunakan kokoh ya. Syngonium dwarf dan fittonia bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, kamu bisa menambahkan sirih gading di vas kaca bening media air. 

Tips Dekorasi Tanaman Hias 1

Itulah tips dekorasi tanaman hias di teras rumah yang bisa kamu terapkan. Selain menggunakan tanaman koleksi yang mahal, kamu bisa mengandalkan tanaman hias yang seharga ratusan ribu rupiah sudah dapat banyak. (Dan)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here