Home Biodiversitas Burung Kakaktua, Bisa Hidup Setia Sampai Kamu Tua

Burung Kakaktua, Bisa Hidup Setia Sampai Kamu Tua

ebird.org

Agrozine.id – “Burung kakaktua, nemplok di jendela… Nenek sudah tua, giginya tinggal dua…”

Tidak asing bukan dengan syair lagu anak-anak itu? Begitulah sebaris pantun dalam lagu Burung kakaktua, sebuah lagu yang melegenda, seperti burungnya yang juga bisa dibilang sebagai legenda yang masih hidup sampai sekarang.

Kakaktua adalah jenis burung hias yang memiliki bulu indah dengan lengkingan suara yang cukup nyaring. Burung ini memiliki kecerdasan yang cukup bagus, ditambah lagi dengan tingkahnya yang ceria dan sering “berjoget”, membuat burung ini sering tampil dalam acara-acara hiburan di kebun binatang.

Burung kakaktua digolongkan dalam ordo Psittaciformes (Bayan/Betet/Parkit) dan  famili Cacatuidae (Kakaktua). Dalam bahasa Inggris burung ini disebut cockatoo.

Burung lucu ini hidup pada ketinggian 0-1.520 meter dari permukaan laut. Kakaktua menghuni hutan primer dan sekunder dan di sekitar tepi hutan. Di Indonesia, burung ini dijumpai di kawasan Timur Indonesia. Burung ini hidup dari permukaan laut sampai ketinggian 900 m (Sulawesi), 1.520 m (Lombok), 1.000 m (Sumbawa), 700 m (Flores), dan 950+ m (Sumba).

Burung kakaktua memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Burung kakaktua memiliki paruh yang bengkok, besar, tebal, danberujung runcing. Di antara ordo Psittaciformes, kakaktua memiliki paruh yang paling besar. Paruh kakaktua yang kuat ini berguna untuk mengunyah, menjepit, dan mengendalikan makanan
  • Postur tubuhnya gempal disertai dengan sayap-sayapnya yang kuat.
  • Kakaktuamemiliki satu warna yang mendominasi dan berwarna kalem. Warna bulunya beraneka ragam. Setiap jenis kakak tua memiliki warna khas yang membedakan antara jenis satu dengan lainnya.
  • Kakak tua memilikijambul yang ada di kepala bagian atas. Setiap spesies kakaktua memiliki warna yang berbeda untuk jambulnya itu. Jambulnya dapat ditegakkan sesuai dengan suasana hatinya. Pada saat ia senang atau stress maka jambulnya akan tegak. Jambul ini juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan sesamanya.
  • Bulu dari kakaktuamemiliki serbuk bedak yang berfungsi untuk melindunginya dari air sehingga ia tidak kebasahan dan tubuhnya tetap kering. Burung ini juga terkenal memiliki bulu yang indah dan menarik.
  • Suara yang dimiliki burung ini terdengar nyaring seperti berteriak, cenderung berisik,dan bisa didengar hingga jarak satu kilometer. Burung yang dikenal cerdas ini dapat menirukan suara manusia.
  • Burung inisuka bersosialisasi dengan manusia. Ia suka bertengger di tangan, pundak, maupun kepala manusia.
  • Burung kakaktua memiliki kaki zigodaktil atau kaki dengan formasi dua jari didepan dan dua jari di belakang. Kaki tersebut berfungsi untuk menggenggam makanannya dan memanjat pohon secara kuat.

Kakaktua dapat dijadikan peliharaan yang menyenangkan. Burung ini dikenal sebagai burung yang setia. Bila pemiliknya terancam, kakaktua akan melindungi pemiliknya. Kakaktua dapat dilatih berbicara sejak masih kecil. Penelitian menunjukan bila terlatih sejak kecil, kakaktua akan dapat berpikir seperti manusia. Kakaktua pada umumnya berusia panjang, hingga mencapai 60 tahun bahkan lebih. Jadi, burung ini bisa menjadi peliharaan kamu yang setia hingga usia tua.

Burung ini merupakan burung pemakan buah dan biji-bijian. Kamu bisa memberi buah apel, beri, pisang, pepaya untuk burung kakaktua, tapi jangan memberinya lpukat karena buah ini tidak baik untuk perkembangan mereka. Jenis biji-bijian yang bisa kamu berikan, yaitu biji bunga matahari, biji kuaci, serta kacang-kacangan seperti kacang hijau, dan kacang tanah. Kamu juga bisa memberinya sayuran sebagai makanan pelengkapnya. (das)

Yuk, Tonton Video Menarik Ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here