Home Perkebunan Cara Budidaya Jeruk Nipis Agar Cepat Panen

Cara Budidaya Jeruk Nipis Agar Cepat Panen

cara budidaya jeruk nipis

Agrozine.id – Usaha serta cara budidaya jeruk nipis mempunyai prospek yang baik. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Jeruk nipis banyak digunakan untuk bahan minuman, bumbu dapur, pembuatan kosmetik, parfum, serta obat-obatan. Tidak heran jika kebutuhan jeruk nipis di masyarakat sangat besar.

Tanaman jeruk nipis akan tumbuh dengan baik jika ditanam pada ketinggian 10-1000 mdpl. Lalu, memiliki pH tanah 5-6, curah hujan 1000-2000 mm/tahun, kelembapan 70 %- 80%, dan suhu maksimal 25 – 30 derajat celcius. Tanamna jeruk nipis sangat baik di tanam di area terbuka tanpa naungan, sehingga dapat terkena sinar matahari yang cukup.

Jika kalian ingin membudidayakan jeruk nipis, inilah tips cara menanam jeruk nipis yang mudah dengan hasil panen yang cepat dan melimpah.

Cara Budidata Pohon Jeruk Nipis Agar Cepat Panen

Persiapan Bibit

Agar jeruk nipis dapat berbuah dengan cepat, rahasianya ada pada bibit jeruk nipis. Pembibitan jeruk nipis dilakukan secara vegetatif melalui cangkok, stek, sambung pucuk, dan lainnya.

Cara budidaya jeruk nipis yang dilakukan secara vegetatif ini lebih cepat berbuah daripada dengan cara generatif. Untuk mendapatkan bibit terbaik, pilih cabang yang sudah lumayan tua.

Persiapan Lahan

Lahan yang akan digunakan digemburkan terlebih dahulu. Lalu, bersihkan gulma serta tumbuhan pengganggu lainnya. Buat lubang tanam berukuran 80 x 80 x 80 cm dan biarkan beberapa waktu. Agar hasil budidaya jeruk nipis maksimal, tambahkan pupuk kandang sebelum melakukan penanaman.

Penanaman Jeruk Nipis

Setelah bibit jeruk nipis dan lahan disiapkan, selanjutnya adalah penanaman jeruk nipis. Bibit jeruk nipis yang didapatkan sebelumnya dimasukkan pada lubang tanam. Dalam tahapan ini cara budidaya jerik nipis adalah dengan mengatur jarak tanam antar jeruk nipis sekita 3 x 4 meter agar jeruk nipis dapat tumbuh dengan baik.

Perawatan Tanaman Jeruk Nipis

Penanaman jeruk nipis sangatlah mudah, namun perlu diperhatikan perawatannya agar panen bisa maksimal. Perawatan jeruk nipis meliputi pemangkasan dahan, penyiraman yang dilakukan dua kali sehari, pembersihan gulma, dan terakhir yaitu pemupukan lanjutan saat tanaman jeruk nipis mulai berbuah.

Pemanenan Jeruk Nipis

Masa panen jeruk nipis biasanya 30-36 minggu setelah masa tanam. Lamanya pemanenan ini tergantung dari varietas jeruk nipis yang ditanam. Dalam 1 pohon jeruk nipis bisa menghasilkan sebanyak 500 buah dalam jangka waktu setahun.

Pemanenan jeruk nipis dilakukan dengan cara memotong tangkai buah menggunakan gunting atau alat pemangkas lainnya agar tidak merusak tangaki yang produktif.

Cara budidaya jeruk nipis ini jika berhasil maka akan menghasilkan buah yang melimpah dan masa panen yang cepat apabila dilakukan dengan cara yang tepat. Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu. Selamat mencoba! (Ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here