Home Perikanan Ikan Platy, Ikan Hias Air Tawar Yang Mungil dan Cantik

Ikan Platy, Ikan Hias Air Tawar Yang Mungil dan Cantik

Sumber: fishlab.com

Agrozine.id – Platy adalah nama umum ikan hias air tawar dalam genus Xiphophorus. Platy berasal dari wilayah pantai timur Amerika Tengah dan Meksiko selatan. Ikan platy memiliki corak warna yang cantik dan menarik sehingga disukai oleh para penghobi ikan hias.

Ikan Platy juga mudah dikembangbiakkan. Kamu hanya perlu menyatukan indukan betina dan jantan dalam satu kolam dengan perbandingan 2 : 1. Pastikan bahwa indukan betina berumur 3 bulan ke atas. Setelah dibuahi, ikan Platy akan hamil selama 1,5 bulan.

ikan platy membutuhkan suhu antara 22-26 derajat celcius dengan pH antara 7,0-8,3. Ukuran ikan ini sekitar 4-6 cm.  Umur ikan platy 3-4 tahun. Penggantian air 20% dari total air akuarium setiap minggunya.

Ikan platy terdiri atas beberapa jenis. Masing-masing memiliki penampilan yang berbeda-beda. Yuk, simak jenis-jenis ikan platy berikut ini.

Platy Cendrawasih

Ikan platy cendrawasih memiliki karakteristik sirip pada punggung lebih lebar dan panjang layaknya ekor burung cendrawasih. Cendrawasih memiliki warna dominan kuning dengan kombinasi gradasi oranye pada bagian ekor dan terdapat warna hitam pada pangkal ekornya. Selain sirip bagian atasnya yang terlihat indah karena panjang, pada bagian tubuhnya terdapat pola atau corak garis berwarna hitam. Ukurannya mungil, bentuk yang unik, dan indah ketika berenang-renang di akuarium atau aquascape. Platy Cendrawasih ikan yang tidak agresif sehingga kamu bisa memelihara ikan ini dengan berbagai macam ikan lain.

Platy Coral

Platy coral (Xyphophorus maculatus) Daerah asalnya adalah Meksiko hingga Guatemala, tetapi sudah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Ikan ini memiliki warna khas, yaitu warna merah pekat padat menyala seolah memiliki ketegasan. Ekor dan siripnya transparan. Coral merupakan jenis ikan dengan ciri khas tubuhnya yang pendek dan lebar. Mulutnya terletak diujung moncong. Bentuk badannya jika dilihat dari belakang atau dari depan, pipih ke samping (compressed). Ekornya berbentuk membulat. Sirip punggung berbentuk biasa saja, membulat. Sirip dada, perut, ekor tidak berwarna, transparan. Pada batang ekor kadang-kadang pinggirannya berwarna biru atau kehijauan. Di alam aslinya plati banyak sekali di temukan pada kolam, rawa payau, dan beberapa perairan tergenang lainnya.

Platy Kohaku

Platy kohaku merupakan varietas baru dari ikan ekor pedang. Di Indonesia platy ini juga dikenal dengan nama platy santaclass, koi swordtail atau ikan ekor pedang koi. Platy kohaku ini ada dua jenis yang bisa kamu pilih. Yang pertama platy kohaku mata hitam dan yang kedua platy kohaku mata merah. Ikan platy Kohaku cukup langka sehingga harganya cukup mahal. Jenis ikan ini memiliki bentuk sirip ekor yang kecil dan unik serta corak warna yang seperti lukisan abstrak. Tidak heran harganya pun bisa lebih mahal daripada ikan platy lainnya.

Platy Mickey Mouse

Ikan platy Mickey Mouse yang mendapatkan namanya dari coraknya yang menggemaskan. Pada bagian pangkal ekornya terdapat 1 bulatan besar dan 2 bulatan kecil. Ketiganya tersusun dalam bentuk seperti kepala Mickey Mouse. Ikan platy Mickey Mouse memiliki ukuran yang kecil menggemaskan. Jenis tersebut memiliki banyak varian warna. Yang paling umum adalah jingga kemerahan, putih kebiruan, dan kuning keemasan.

Platy Pedang
Ikan platy pedang dinamakan demikian karena bentuk ekornya yang khas. Ekor ikan platy pedang berbentuk panjang dan lancip menyerupai sebuah pedang. Variasi ikan platy pedang banyak dipelihara dalam aquascape karena bentuknya yang unik. Ikan pedang atau swordtail memiliki ukuran 11 sampai 12 cm. Warna tubuhnya sangat beragam. Ikan mungil ini juga memiliki beragam corak warna-warni yang memesona. Namun penampilan yang paling umum adalah warna merah dengan ekor hitam.
Platy Pelangi

Ikan ini sebenarnya secara fisik bukan berwarna pelangi, tapi sisik mereka memantulkan warna pelangi saat mereka bergerak terutama saat terkena cahaya.

Warna dasarnya seperti warna mutiara. Mereka akan menampilkan efek pelangi dan menimbulkan banyak biasan warna, mulai dari warna gelap ke warna yang lebih terang. Platy ini sering disebut sebagai platy neon karena warna sisik mereka yang juga terlihat dalam gelap.

Demikianlah uraian tentang ikan hias Platy yang bagus untuk dipiara dalam akuarium kamu. Semoga bermanfaat. (das)

Kunjungi Nursery Tanaman Hias Keren di Kota Bogor, Ini Link-nya:

IG : @amani.jungle     tiktok : amani.jungle

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here