Home Peternakan Ini Dia Tips Memelihara Ayam Hias Bagi Pemula

Ini Dia Tips Memelihara Ayam Hias Bagi Pemula

Ini Dia Tips Memelihara Ayam Hias Bagi Pemula

Agrozine.id – Apakah kamu penghobi ayam hias? Atau kamu ingin memulai memelihara ayam hias? Nah, tepat sekali, karena pada artikel ini, tim Agrozine.id akan mengulas mengenai tips memelihara ayam hias khususnya bagi pemula. Ada apa saja? Yuk simak !

Ayam hias itu sendiri merupakan salah satu jenis ayam yang memiliki penampakan badan yang unik dan menarik, baik itu bentuknya maupun warnanya. Biasanya ayam hias diperuntukkan untuk hiasan maupun kontes. Ayam hias itu sendiri ada berbagai jenis dengan ciri khas masing-masing, tentunya memiliki keindahan yang menarik.

Tips Memelihara Ayam Hias

Di Indonesia sudah banyak jenis ayam hias yang dipelihara maupun untuk budidaya. Misalnya saja yaitu jenis American Silky, Golden Pheasant, Silver Pheasant,  Lady Amherst, Poland, Cochin, Brahma, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Tips Beternak Ayam Hobi

Menurut Khoerul, salah seorang peternak ayam hias dari Klaten, bagi seorang pemula yang ingin memelihara ayam hias ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips memelihara ayam hias:

  • Sebelum memulai memelihara ayam hias, siapkan rasa dan niat terlebih dahulu. Kita harus mencintai hewan yang akan dipelihara.
  • Lalu, cari informasi sebanyak mungkin terkait ayam hias yang akan dipelihara. Mulai dari manajemen kandang dan pakan yang baik.
  • Belilah bibit atau indukan ayam hias dari pembudidaya maupun komunitas yang berpengalaman dan terpercaya.
  • Pilih bibit ayam hias yang unggul dengan cara mengenali karakteristik yang masih ori dan cocokkan dengan buku panduan yang dirilis oleh Asosiasi Pecinta Ayam Hias (APAH Indonesia).
  • Berikan pakan sesuai dengan jenis ayam hias. Misalnya untuk ayam hias yang bisa terbang berikan pakan pur yang dicampur jagung giling dan atau beras merah. Tambahkan pakan tambahan berupa ulat hongkong, jangkrik, pepaya, timun. Lalu, untuk ayam hias yang tidak bisa terbang, bisa berikan pakan pur dari pabrikan.
  • Berikan pakan secukupnya dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Pastikan pakan yang diberikan selalu baru.
  • Buatlah kandang sesuai dengan habitat aslinya. Misalnya, untuk jenis merak biru dan pheasant buat kandang setengah terbuka dan beri tanaman atau ranting di dalam kandang.
  • Selalu jaga kebersihan kandang agar ayam yang dipelihara nyaman.
  • Segera lakukan pengendalian dan pengobatan jika ayam menunjukkan gejala penyakit. Misalnya penyakit yang sering menyerang ayam hias yaitu chronic respiratory disease (CRD), erat putih, flu burung, newcastle disease (tetelo).
  • Berikan vitamin dan antibiotik pada ayam hias agar terhindar dari berbagai penyakit, terutama saat musim pancaroba.
Baca Juga : Kisah Zakaria Peternak Ayam Hobi

Itulah beberapa tips memelihara ayam hias. Lebih lanjut, Khoerul menambahkan, bagi pemula yang ingin memelihara ayam hias selain memperhatikan tips-tips diatas, yang paling penting adalah cintai dan sayangi terlebih dahulu ayam yang akan dipelihara.

Tips Memelihara Ayam Hias Dirumah

“Jika kita sudah mencintai ternak-ternak yang akan kita pelihara, dari situ insyaAllah akan memberikan hasil yang bahkan tidak pernah kita perkirakan,”pungkasnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here