Home Biodiversitas Kamu Suka Ular? Jangan Khawatir, Ini Jenis Ular yang Aman Dipelihara

Kamu Suka Ular? Jangan Khawatir, Ini Jenis Ular yang Aman Dipelihara

Agrozine.id – Jika berbicara tentang ular, banyak orang menganggap hewan yang satu ini adalah hewan yang mengerikan dan menakutkan. Namun tidak sedikit juga orang yang memelihara ular. Namun bagi pemula yang ingin mencoba menjadikan ular sebagai binatang peliharaan, ada baiknya untuk menimbang kembali jenis ular yang akan dibeli. Berikut ini adalah beberapa jenis ular yang aman dipelihara jika dilihat dari tingkat bisa dan racun pada ular.

Baca Juga: Mengenal Ikan Belida, Bahan Baku Pempek yang Mulai Langka

Ular merupakan salah satu hewan berbisa dan beberapa ular termasuk hewan pembunuh yang mengerikan mengingat tingginya bisa atau racun yang dimilikinya. Namun tidak semua jenis ular memiliki bisa yang tinggi dan beberapa diantaranya bahkan kerap dijadikan sebagai binatang peliharaan. Ini adalah jenis ular yang kerap dijadikan sebagai binatang peliharaan:

1. Ular Jagung

Ular ini termasuk salah satu jenis ular peliharaan yang paling populer. Ular jagung memiliki tubuh yang tidak terlalu besar sehingga tidak memerlukan kandang jika ingin membiakannya. Ular ini cepat dalam berkembangbiak dan memiliki sifat yang patu, mudah ditangani dan dirawat. Ular jagung memiliki kombinasi warna yang menarik sehingga sering dijadikan sebagai binatang peliharaan.  Adapun makanan ular ini adalah tikus.

Baca Juga: Ikan Stonefish : Ikan Beracun yang Ahli Menyamar

2. Rosy Boa

Ular ini memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar dan jinak. Rosy boa adalah umur berumur panjang. Ular ini bisa hidup sampai 25 tahun. Tapi rosy boa tidak sepopuler jenis ular peliharaan lainnya sehingga jika mencari ular ini di toko hewan peliharaan masih cukup sulit ditemukan.

3. Sanca Kembang

Kolektor ular yang satu ini cukup banyak. Sanca kembang termasuk salah satu jenis ular tidak berbisa, namun memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Ular ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang setidaknya 8,5 meter dan memiliki nafsu makan yang tinggi. Untuk mengalahkan musuhnya, biasanya ular ini akan melilit. Makanan sanca kembang adalah tikus, kelinci ataupun ayam.

4. Ular Cicak

Jenis ular yang satu ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Ular cecak bahkan sering ditemukan di malam hari. Sesuai dengan namanya, ular yang satu ini adalah pemakan cecak. Ualr cecak biasanya aktif di malam hari, sedangkan siang harinya ular ini tidur, sehingga termasuk salah satu jenis hewan nokturnal. Saat dewasa, panjang ular cicak hanya bisa mencapai 76 cm, sehingga merawat ular ini cukup mudah karena tidak membutuhkan kandang yang besar.

5. Lavender Albino Ball Phyton

Sama seperti sanca kembang, ball phyton juga tidak memiliki bisa. Ular ini memiliki warna kuning emas dan matanya cukup menarik. Hal menarik dari ular yang satu ini adalah jika merasa terganggu, ia akan menggulung dirinya seperti bola sehingga dinamakan ball phyton. Selain itu, lavender albino menjadi salah satu ular peliharaan termahal. Ular ini memiliki harga mencapai 559 juta. Untuk memelihara ular ini tidak perlu repot, karena ball phyton hanya perlu diberikan makan tikus setiap dua kali seminggu.

Nah itu dia jenis ular yang aman dipelihara. Jika ingin mencoba memelihara ular, jenis mana yang akan kamu pilih? (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here