Home Kampus Mahasiswa UNY Teliti Pakan Ikan Lele Alami dari Keong Sawah dan Enceng...

Mahasiswa UNY Teliti Pakan Ikan Lele Alami dari Keong Sawah dan Enceng Gondok

pakan ikan lele alami

Agrozine.id – Saat ini, budidaya ikan lele sudah banyak dikembangkan banyak orang. Tentunya hal ini karena banyaknya permintaan pasar ikan lele. Namun, yang menjadi masalah adalah pembudidaya yang masih berganting dengan pakan ikan lele buatan atau pelet. Dimana harganya jual pelet di pasaran masih cukup mahal. Melihat kondisi tersebut, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan inovasi pakan ikan lele alami yang terbuat dari keong sawah dan enceng gondok. Mereka adalah Dinda Restu Nabila, Siska Yulianti, dan Faridatul Liana dari Prodi IPA Fakultas MIPA UNY.

Salah satu syarat pakan ikan lele yang baik adalah mengandung protein yang cukup agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh tubuh ikan. Menurut salah satu anggota, Dinda mengungkapkan bahwa eceng gondok (Eichhornia crassipes) dan keong sawah (Pila ampullacea) memiliki kandungan protein tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan alami.

“Tanaman eceng gondok mengandung bahan organik yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu 11,2 persen, sedangkan kandungan protein keong sawah 15 persen” ujarnya.

Baca juga: Dosen FPIK Unpad Olah Mengolah Limbah Organik Menjadi Pakan Ikan

Lebih lanjut ia menjelaskan, bersama dengan tim ia meneliti bagaimana cara pembuatan pakan ikan lele alami dari keong sawah dan enceng gondok menjadi pellet. Dan juga untuk mengetahui efektivitas pemberian pakan ikan lele berkadar protein paling banyak dari campuran keong sawah dan enceng gondok terhadap pertumbuhan ikan lele (Clarias sp).

Dalam pembuatan pellet, Dinda mengatakan Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain keong sawah, enceng gondok, dedak, tepung jagung, tepung pasti, selenium, batu didih, H2SO4 0,1 N, dan NaOH 40 persen.

Adapun komposisi perbandingan pelet alternatif yang disarankan berdasarkan penelitian ini yaitu perbandingan enceng gondok banding keong sawah sebesar 2:1. Dengan komposisi bahan enceng gondok 150 gram dan daging keong 75 gram.

Setelah dilakukan penelitian, hasil yang didapatkan pun menunjukkan hal yang positif. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian pelet enceng gondok dan keong sawah pada lele mengalami hasil yang baik. Ikan lele dapat tumbuh dan berkembang dengan baik setelah beradaptasi dengan lingkungan selama seminggu.

Baca juga: Potensi Pengembangan Teknologi Pemberian Pakan Ikan Otomatis di Era Digital

Keunggulan menggunakan pakan ikan lele alami ini yang pasti aman. Selain itu, karena tidak mengandung bahan kimia pabrik sehingga tidak mengurangi kadar protein yang terkandung di dalam ikan lele. Lalu, bahan yang digunakan banyak terdapat di lingkungan sekitar sehingga mudah untuk mencarinya. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here