Home Kampus Mengenal Fakultas Pertanian IPB University

Mengenal Fakultas Pertanian IPB University

pasca.ipb.ac.id

Agrozine.id – Bagi kamu-kamu yang sudah lulus SMA dan sedang mikir mau ambil kuliah apa, sebaiknya kamu pertimbangkan untuk memilih bidang yang amat penting peranannya dalam kehidupan manusia, yaitu bidang pertanian.

Memasuki abad 21, tantangan bidang pertanian menjadi sangat besar dalam upaya penyediaan pangan, energi, papan, pakan, biofarmaka dan bahan baku industri untuk kenyamanan hidup manusia. Untuk mewujudkan itu, Fakultas Pertanian memegang peranan yang sangat penting dalam bidang pengembangan sumberdaya manusia. Sektor pertanian memegang peranan yang sangat penting bagi perekonomian negara. Sejarah telah mencatat, pada saat terjadi krisis ekonomi hanya pertanian yang masih dapat tumbuh dan bertahan.

Kali ini, Agrozine akan mengenalkan kamu pada Fakultas Pertanian yang ada di IPB University agar wawasan kamu menjadi lebih terbuka mengenai Fakultas Pertanian, sebagai bahan pertimbangan untuk kamu melangkah ke depan.

Sejarah Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) berawal pada tahun 1940 ketika sebuah lembaga tinggi ilmu pertanian pertama kali didirikan pada zaman Hindia Belanda. Sebagai perguruan tinggi tertua dalam ilmu pertanian di Indonesia, fakultas ini telah memainkan peran penting dalam proses pembangunan Pertanian. Selain nilai sejarah, Fakultas Pertanian telah menghasilkan lulusan yang sangat dihormati dan profesional di bidang pertanian dan telah menciptakan inovasi yang berkualitas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk implementasi lokal, nasional dan global.

Apa saja bidang-bidang keilmuan yang bisa kamu pelajari di IPB University? Simak penjelasannya berikut ini.

DEPARTEMEN (JURUSAN) DI FAKULTAS PERTANIAN IPB

Departemen Ilmu  Tanah  dan  Sumberdaya  Lahan

Departemen ini memiliki visi menjadi pusat keutamaan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang sumberdaya alam, ilmu dan teknologi tanah dan manajemen sumberdaya lahan menuju pertanian berkelanjutan dan pembangunan nasional yang berkelanjutan. Misinya, yaitu mengembangkan sumberdaya manusia dan ilmu pengetahuan, serta teknologi pemanfaatan  tanah dan lahan secara arif untuk berbagai penggunaan demi kesejahteraan masyarakat.

Departemen Ilmu  Tanah  dan  Sumberdaya  Lahan bertujuan menghasilkan ahli manajemen lahan yang paham akan pengertian-pengertian dasar ilmu tanah dan lahan, mampu mengidentifikasi, menganalisis, menjelaskan, memprediksi dan merumuskan cara-carapenyelesaian masalah yang berhubungan dengan pemanfaatan tanah dan lahan. Selain itu, juga bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan tanah dan teknologi tanah serta sistem manajemen sumberdaya lahan yang mendasari sumberdaya tumbuhan, hewan dan jasad renik yang berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat.

Pada level S1 atau Sarjana, tersedia Program Studi Manajemen Sumberdaya Lahan. Pada level S2 atau Magister, tersedia Program Studi Ilmu Tanah, Agroteknologi Tanah, Daerah Aliran Sungai, Bioteknologi Tanah, dan Ilmu Perencanaan Pengembangan Wilayah. Pada level S3 atau Doktor, tersedia Program Studi Ilmu Tanah dan Program Studi Daerah Aliran Sungai.

Departemen Agronomi dan Hortikultura

Tujuan utama Departemen Agronomi dan Hortikultura adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas, yang mempunyai kemampuan mengelola sumberdaya nabati secara berkelanjutan, dan menghasilkan IPTEK di bidang perekayasaan lingkungan, potensi genetik dan fisiologi untuk mendukung pembangunan nasional dan kesejahteraaan masyarakat.

Pada level S1, tersedia Program Studi Agronomi dan Hortikultura. Pada level S2/S3, Departemen Agronomi dan Hortikultura memiliki 3 Program Studi, yaitu Agronomi dan Hortikultura, Ilmu dan Teknologi Benih, serta Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman. Selain itu Departemen AGH memiliki tiga Program Magister, yaitu Magister Profesional (MP) Hortikultura, MP Perbenihan, dan MP Perkebunan.

Departemen Proteksi Tanaman

Mahasiswa program studi proteksi tanaman dilatih untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman sehingga mampu memberi dan mengonsep suatu rekomendasi dalam memecahkan berbagai masalah hama dan penyakit tanaman, memimpin dan mendesain dasar sebuah penelitian terapan dalam bidang proteksi tanaman.

Saat ini, Departemen Proteksi Tanaman menawarkan dua program pendidikan yaitu program sarjana dan program pasca sarjana untuk master dan doktor. Pada level S1, tersedia Program Studi Proteksi Tanaman. Pada level S2, tersedia Program Studi Fitopatologi, Entomologi, dan Pengendalian Hama Terpadu. Pada level S3, tersedia Program Studi Fitopatologi dan Program Studi Entomologi.

Departemen Arsitektur Lanskap

Departemen Arsitektur Lansekap memiliki visi menjadi departemen universitas terbaik internasional dengan kompetensi lanskap tropis. Departeman ini mengemban misi menjadi standar pendidikan internasional dan mengembangkan mahasiswa untuk menjadi profesional dalam pendidikan dan kehidupan nyata. Departemen Arsitektur Lansekap juga mengembangkan dan menyebarkan pengetahuan, teknologi, atau seni baru untuk pengembangan lanskap tropis. Departemen Ini hanya menyediakan Program S1, yaitu Program Studi Arsitektur Lanskap.

FASILITAS YANG TERDAPAT DI FAKULTAS PERTANIAN IPB

Auditorium

Auditorium Toyib Hadiwijaya adalah Auditorium utama di Fakultas Pertanian IPB. Auditorium ini dipergunakan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Seminar, Simposium, Lokakarya, Rabuan Bersama, Wisuda dan acara ceremonial lainnya di lingkungan Fakultas Pertanian IPB. Auditorium ini memiliki kapasitas optimum sebanyak kurang lebih 400 orang dan dilengkapi dengan fasilitas AC, Alat dan Ruang Audio Visual dan Toilet.

Laboratorium Terpadu

Laboratorium Terpadu Faperta adalah laboratorium yang dapat dipergunakan oleh seluruh CIVA Fakultas Pertanian IPB untuk kegiatan penelitian.

Mobil Klinik Tanaman

Pada akhir Desember 2009, Fakultas Pertanian IPB memperoleh hibah kompetisi (competitive grant) dari Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Pertanian, Ditjen Dikti Depdiknas.  Oleh Ditjen Dikti Program tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas (kompetensi) lulusan dan meningkatkan citra pendidikan tinggi pertanian Fakultas Pertanian IPB mewujudkan program tersebut dengan membangun klinik tamanan terpadu yang mobile.

Klinik ini memfasilitasi usaha untuk meningkatkan kualitas akademik, terutama proses pembelajaran melalui peningkatan sinergisme riset, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat (PPM). Klinik ini merupakan laboratorium keliling yangb akan memberikan pelayanan terpadu permasalahan tanaman, tanah, hama dan penyakit serta konsultasi arsitektur lanskap di sentra-sentra produksi pertanian dan daerah mitra kerja serta promosi dan sosialisasi ke berbagai SMA unggul.  Klinik diasuh oleh dosen yang berpengalaman dan mahasiswa semester emapt ke atas.

Rumah Kaca Cikabayan

Pada akhir Desember 2009, Fakultas Pertanian IPB memperoleh hibah kompetisi (competitive grant) dari Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Pertanian, Ditjen Dikti Depdiknas.  Oleh Ditjen Dikti Program tersebut dimaksud

Fasilitas rumah Kaca Cikabayan sangat berguna bagi kegiatan perkuliahan, praktikum dan penelitian bagi CIVA Faperta IPB. saat ini pengelolaan Rumah Kaca tersebut di bawah pengelolaan University Farm.

kan untuk meningkatkan kualitas (kompetensi) lulusan dan meningkatkan citra pendidikan tinggi pertanian Fakultas Pertanian IPB mewujudkan program tersebut dengan membangun klinik tamanan terpadu yang mobile.

Klinik ini memfasilitasi usaha untuk meningkatkan kualitas akademik, terutama proses pembelajaran melalui peningkatan sinergisme riset, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat (PPM). Klinik ini merupakan laboratorium keliling yangb akan memberikan pelayanan terpadu permasalahan tanaman, tanah, hama dan penyakit serta konsultasi arsitektur lanskap di sentra-sentra produksi pertanian dan daerah mitra kerja serta promosi dan sosialisasi ke berbagai SMA unggul.  Klinik diasuh oleh dosen yang berpengalaman dan mahasiswa semester emapt ke atas.

Kebun Percobaan

Fakultas Pertanian IPB mempergunakan beberapa kebun percobaan untuk kegiatan praktikum dan penelitian tertentu. Adapun kebun percobaan tersebut antara lain:

  • Kebun Percobaan Cikabayan (di bawah pengelolaan University Farm). Di kebun percobaan ini Civa Faperta IPB dapat mengadakan praktikum dan penelitian Agronomi dan Hortikultura. Saat ini terdapat beberapa zona koleksi tanaman sebagai hasil penelitian dan praktikum, seperti koleksi tanaman durian, sawit, kopi, lidah buaya dan sukun.
  • Kebun Sarongge (Teaching Farm Units) di bawah pengelolaan University Farm. Kegiatan di dalamnya adalah budidaya sayuran, packing house dan paket agrowisata.
  • One Stop Garden Center AGROPROMO di bawah pengelolaan Departemen Agronomi & Hortikultura. Agropromo berada di samping Kampus IPB Baranangsiang dan berfungsi sebagai tempat kultivar unggul buah, tanaman hias dan sarana produksi. Agropromo digunakan pula oleh mahasiswa untuk praktikum Hortikultura dan Kewirausahaan. Agropromo juga membuka konsultasi pertanian bagi masyarakat umum.
  • Kebun percobaan Sindang Barang
  • Kebun Percobaan Jonggol
  • Leuwikopo

Demikianlah pengenalan tentang Fakultas Pertanian di IPB University. Semoga bermanfaat. Oiya, bagi kamu yang terkendala biaya kuliah, jangan khawatir, karena ada tersedia banyak sumber beasiswa yang ada di IPB University. Ok, Selamat merencanakan masa depan! (das)

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here