Home Hortikultura Mengenal Tumbuhan Sirih Hijau dan Khasiatnya

Mengenal Tumbuhan Sirih Hijau dan Khasiatnya

indiabiodiversity.org

Agrozine – Sirih sudah sejak dulu dikenal masyarakat Indonesia sebagai tumbuhan yang sering dikunyah oleh nenek moyang kita atau dikenal dengan istilah “nyirih”. Sebagai budaya, daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur.  Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka) dan sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.

Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sirih dikenal di berbagai daerah dengan nama yang khas, yaitu suruh (Jawa), sireh (Melayu), bido (Ternate), base (Bali), amo (Ambon), Ranub (aceh), sereh (Gayo), Belo Batak (karo), Burangir (Mandailing), Cabai (Mentawai), Seureuh (Sunda), Sere (Madura), Uwit (Dayak), Nahi (Bima), Malu (Solor), Mokeh (Alor), Mota (Flores), dan Bido (Bacan). Tumbuhan sirih yang umumnya dikenal dan digunakan masyarakat adalah sirih hijau yang bernama latin Piper betle L.

Sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia.

Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna cokelat kehijauan, berbentuk bulat, beruas, dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm.

Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5–3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek, sedangkan pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5–6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat, dan berwarna cokelat kekuningan.

Sirih hijau pada dasarnya hidup subur dengan ditanam di atas tanah gembur yang tidak terlalu lembab dan memerlukan cuaca tropika dengan air yang mencukupi. Tanaman sirih hijau menyukai  tempat yang terbuka atau sedikit terlindung, dan dapat diperbanyak dengan setek batang yang sudah agak tua yang terdiri dari 4-6 ruas.

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, serta anti jamur.

Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu, juga bersifat mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan pendarahan. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati.

Berikut ini beberapa cara pengobatan menggunakan daun sirih:

  • Untuk mengobati hidung berdarah, pakai 2 lembar daun sirih segar, cuci, digulung, lalu masukkan ke dalam lubang hidung.
  • Untuk mengatasi masalah gigi berlubang, siapkan selembar daun sirih, lalurebus dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur dan ulangi secara teratur hingga sembuh. Cara lainnya,siapkan setengah sendok garam dan dua lembar daun sirih yang sudah diremas. Kemudian, seduh bahan tersebut dengan segelas air panas, aduk hingga garam larut. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur.
  • Untuk mengatasi alergi atau biduran, siapkan enam lembar daun sirih, satu potong jahe kuning, dan 1,5 sendok minyak kayu putih. Kemudian, tumbuk semua bahan tersebut hingga halus dan oleskan pada bagian tubuh yang gatal-gatal.
  • Untuk mengobati konstipasi juga radang usus, tumbuk atau remas-remas daun sirih dan masukkan ke dalam air matang. Rendam semalaman. Paginya, saring dan minum airnya.
  • Untukmembantu mengurangi nyeri sendi, rebus daun sirih hingga lembaran daunnya terasa hangat, lalu tempelkan ke sendi yang tengah meradang dan terasa nyeri.

Demikian pengenalan tumbuhan sirih dan khasiatnya untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat dan memotivasi kamu untuk ikut serta melestarikannya. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here