Home Tanaman Hias Perbedaan Monstera Borsigiana Marmorata dan Epipremnum Aureum, Awas Salah Beli!

Perbedaan Monstera Borsigiana Marmorata dan Epipremnum Aureum, Awas Salah Beli!

Perbedaan Monstera Borsigiana Marmorata dan Epipremnum Aureum
monstera marmorata dewasa mempunyai lubang dan sobek daun yang lebar

Agrozine.id‒Untuk kamu yang pemula di dunia tanaman daun hias, perlu banget nih tahu perbedaan Monstera Borsigiana Marmorata dan Epipremnum Aureum. Lantaran, saat ini satu daun pancing dan bonggol Monstera Borsigiana bisa mencapai jutaan rupiah. Momen inilah yang membuat penjual tanaman hias yang bandel atau musiman ikut bermain curang dengan menjual Epipremnum Aureum sebagai Monstera Borsigiana Marmorata.

Perbedaan Monstera Borsigiana Marmorata dan Epipremnum Aureum
monstera marmorata dewasa mempunyai lubang dan sobek daun yang lebar

Sekilas, Monstera Borsigiana Marmorata dan Epipremnum Aureum mempunyai corak daun yang sama. Kedua daun tanaman hias ini mempunyai komposisi bercak kuning dan dasar daun hijau tua. Apalagi saat kamu membeli tanaman hias yang masih berdaun kecil, bentuknya sama serupa dengan hati. Selain itu, penjual nakal sering kali menawarkan bonggol yang mereka akui sebagai Monstera Borsigiana Marmorata. Sebaliknya, mereka menawarkan kamu bonggol Epipremnum Aureum yang mempunyai corak kuning dan hijau.

beda monstera marmorata dan Epipremnum aureum
sirih gading jumbo

Agar kamu tidak tertipu saat membeli Monstera Borsigiana Marmorata. Kamu perlu banget mengetahui perbedaan Monstera Borsigiana Marmorata dan Epipremnum Aureum berikut ini.

 

1. Fase Pertumbuhan

Perbedaan Monstera Borsigiana Marmorata dan Epipremnum Aureum yang paling jelas pada proses pertumbuhannya. Epipremnum Aureum yang dikenal juga dengan sirih gading mempunyai tingkat pertumbuhan yang sangat cepat, mencapai 20 meter dan lebar batang 40 cm dalam setahun, dibandingkan Monstera Marmorata. Nah, buat kamu yang sudah terlanjur beli Monstera Marmorata bisa diamati proses pertumbuhannya, ya.

 

2. Bentuk daun

Selain fase pertumbuhan, kamu juga bisa mengetahui perbedaan Monstera Borsigiana Marmorata dan Epipremnum Aureum dari bentuk daunnya. Bila kamu yang berniat membeli Monstera yang baru tumbuh, sebaiknya menahan diri. Bentuk daun Monstera Marmorata dan Epipremnum Aureum masih sangat sulit dibedakan.

 

Namun, ketika sudah mulai dewasa, daun berbentuk hati pada Epipremnum Aureum akan berubah lebih lonjong atau memanjang. Sedangkan, daun Monstera Borsigiana Marmorata yang berbentuk hati tidak akan berubah baik saat kecil atau dewasa.

 

Selain itu, Monstera Marmorata dewasa mempunyai lubang-lubang di daun dan sobekan daun yang banyak. Selain itu, kamu juga bisa menemukan daun yang mulai sobek meski belum dewasa pada tanaman Monstera Marmorata. Di sisi lain, Daun Epipremnum Aureum juga bisa sobek tetapi hanya pada daun yang sudah dewasa dan jumlah sobekannya pun sedikit. Tentunya, kamu juga tidak akan menemukan daun yang berlubang secara alami pada tanaman ini.

 

3. Batang

Terakhir, kamu bisa melihat perbedaan kedua jenis tanaman ini pada batangnya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, daun Epipremnum Aureum mulai sobek saat sudah dewasa sehingga secara otomatis batang daunya dan bonggolnya juga lebih besar. Kamu patut curiga jika ada yang menawarkan Monstera Borsigiana Marmorata, tetapi sobek daunnya sedikit dan jarak sobekan yang kecil, tetapi bonggolnya sudah sebesar ibu jari.

 

Selain melihat perbedaan dari tiga hal tersebut, kamu juga bisa membeli kepada penjual tanaman yang sudah mempunyai nama di sosial media agar tidak tertipu. Pastikan juga, bila kamu membelinya di marketplace ternama, lihat hasil reviewnya dan minta bukti realtime foto atau video dari stock yang ada di kolom chat. Selain itu, kamu juga bisa membeli di penjual tanaman hias yang mempunyai toko fisik sehingga kamu bisa datangi ketika ada masalah.

tent partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

 (Dan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here