Home Biodiversitas Anggrek Emas Kinabalu, Termahal di Dunia, Ini Sebabnya… Plus Tips Memeliharanya

Anggrek Emas Kinabalu, Termahal di Dunia, Ini Sebabnya… Plus Tips Memeliharanya

mysabah.com

Agrozine.id – Anggrek Emas Kinabalu, dalam bahasa Inggris disebut The Gold of Kinabalu Orchid atau Rothschild’s Slipper Orchid adalah jenis anggrek termahal dan hanya ditemukan di Kinabalu National Park, Malaysia. Anggrek ini punya nama latin Paphiopedilum rothschildianum. Bunga ini termassuk endemik, hanya ditemukan di gunung Kinabalu, pulau Borneo (Kalimantan). Anggrek ini tumbuh subur di dekat tempat yang banyak air dan lembap.

Harga anggrek emas kinabalu sekitar Rp 66 Juta hingga Rp 78 Juta per tangkainya. Ada tiga hal yang membuat anggrek ini begitu mahal:

Pertama, anggrek ini langka, hampir punah karena banyaknya penyelundupan.

Kedua, bunganya luar biasa indah. Bibir bunga berwarna hijau keemasan cerah mengkilap dengan bintik-bintik ungu. Ukuran bunganya cukup besar dengan dua kelopak sisinya yang panjang menjuntai. Kelopak atas dan bawahnya lebih terlihat seperti garis-garis dari jauh.  Batangnya yang tipis dapat menampung hingga enam bunga secara horizontal, yang membuatnya tampak besar. Daunnya semi transparan.

Ketiga, karena masa berbunganya membutuhkan waktu sangat lama, hingga mencapai 8 tahunan. Perawatan anggrek ini juga harus maksimal agar bunga anggrek termahal ini mampu berkembang sempurna. Bunga anggrek ini hanya mekar pada bulan April sampai Mei saja.

Bagi kamu yang ingin ikut melestarikan anggrek ini, berikut ini tips memeliharanya.

  • Tempatkan anggrek di area yang terkena sinar matahari alami. Namun, tidak boleh terlalu panas. Hindari masuknya sinar matahari secara berlebihan. Kelebihan intensitas cahaya matahari akan menyebabkan daun-daunnya menguning seperti terbakar.
  • Siram secukupnya. Jagalah tanaman anggrek agar tetap lemba Namun, jangan terlalu banyak memberikan air pada tanaman karena justru akan merusak anggrek. Sebaiknya, lakukan penyiraman pada pagi hari jam 07.00-09.00 WIB dan sore hari jam 15.00-17.00 WIB.
  • Tempatkan anggrek dalam pot kecil karena akar-akar halusnya membutuhkan pot kecil untuk tumbuh dan berkembang. Penggantian pot sangatlah penting karena merupakan bagian dari proses penanaman ulang dengan pot yang lebih besar dengan media tanam baru. Tanda pot anggrek sudah harus diganti adalah pot dipadati oleh tunas baru.
  • Pot harus segera diganti jika pot sudah tidak cukup menampung perakarannya, media tanam banyak ditumbuhi lumut, atau media tanam sudah hancur dan lapuk.
  • Sebaiknya, tanamdi dataran tinggi. Tanaman anggrek ini sangat cocok berada di dataran tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk hidup di dataran rendah.
  • Jaga agar suhu di sekitarnya tidak terlalu panas, contohnya dengan menempatkannya di dalam rumah kaca.Suhu yang baik untuk anggrek adalah 15 – 35 derajat Celcius dengan sirkulasi udara yang baik. Kelembapan udara berkisar 65-70 derajat Celcius.

Demikian penjelasan tentang anggrek emas kinabalu. Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi bagi kamu untuk ikut melestarikan anggrek langka ini.

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here